cancel
Jum'at, 25 September 2020

6 Kisah Pilu Hidup Sanjay Dutt, Masuk Penjara Hingga Kena Kanker Paru-Paru

Sanjay Dutt didiagnosis idap kanker paru-paru stadium 4.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Sanjay Dutt. (Instagram/@duttsanjay)
Sanjay Dutt. (Instagram/@duttsanjay)

Matamata.com - Sanjay Dutt idap kanker paru-paru stadium 4 mengejutkan publik. Dilansir Times of India,  sang aktor akan berangkat ke AS untuk perawatan dan memutuskan istirahat sejenak dari dunia perfilman. 

Sanjay Dutt lahir pada 29 Juli 1959 di Mumbai. Orangtuanya, Sunil Dutt dan Nargis adalah legenda dalam dunia perfilman Bollywood. Salah satu aktor Bollywood paling hebat dan kontroversial ini memang dikenal sebagai sosok yang selalu mengutamakan keluarga.

Saking populernya Sanjay Dutt, kisah hidupnya mulai dari terpuruk karena narkoba, penjara dan dituding teroris diangkat ke layar lebar lewat film bertajuk Sanju yang diperankan Ranbir Kapoor.

Yuk simak kisah pilu perjuangan hidup Sanjay Dutt di bawah ini:


1. Ditinggal Kedua Orangtua

Sanjay Dutt dan keluarganya (Instagram/@duttsanjay)
Sanjay Dutt dan keluarganya (Instagram/@duttsanjay)

Sanjay sering berbicara tentang pentingnya keluarga dalam hidupnya. Dia menyebut almarhum ayahnya, aktor Sunil Dutt sebagai pilar kekuatannya. Ditambah sejak dirilisnya film biografi Sanju tahun lalu, semua orang tahu apa arti ibu, almarhum aktris Nargis, baginya.

Dilansir Hindustan Times, dalam Sanjay Dutt: The Crazy Untold Story of Bad Boy Bollywood, penulis Yasser Usman menulis bahwa Sanjay tidak menangis selama tiga tahun setelah kematian Nargis. Nargis meninggal pada 3 Mei 1981 karena kanker tepat sebelum rilis film Sanjay, Rocky.

"Sanjay tidak menangis ketika ibunya meninggal. Sudah tiga tahun sejak Nargis meninggal, tetapi luka Sanjay masih bernanah," tulis Usman.

2. Surat Peninggalan Sang Ibu

Sanjay Dutt dan ibunya, Nargis (Instagram/@duttsanjay)
Sanjay Dutt dan ibunya, Nargis (Instagram/@duttsanjay)

Sanjay kemudian menerima surat-surat lama dari ibunya yang akhirnya membuatnya menangis. Di situ sang ibu berpesan agar Sanjay selalu rendah hati dan menghormati orang yang lebih tua. 

"Lebih dari segalanya, Sanju Pertahankan kerendahan hatimu. Pertahankan karaktermu. Jangan pernah pamer. Selalu rendah hati dan selalu hormati para orangtua. Itu adalah hal yang akan membuatmu awet. Dan itu akan memberimu kekuatan dalam pekerjaanmu," kata Nargis dalam surat-surat itu.

"Aku menangis dan menangis dan menangis. Aku menangis terus menerus selama empat hari ... Aku pikir sampai saat itu aku belum berduka untuknya ketika dia meninggal. Jadi suaranya dan kaset-kaset itu mengubah segalanya dalam hidupku," kata Sanjay dalam buku.

3. Ayah Sebagai Pilar Kekuatan

Sanjay Dutt dan ayahnya, Sunil Dutt (Instagram/@duttsanjay)
Sanjay Dutt dan ayahnya, Sunil Dutt (Instagram/@duttsanjay)

Sanjay Dutt merasakan patah hati yang sama ketika ayahnya meninggal pada tahun 2005 karena serangan jantung.

Pada ulang tahun kelahiran Sunil Dutt tahun lalu, Sanjay mengatakan, "Untuk pilar kekuatanku, selamat ulang tahun, Ayah. Kau mungkin tidak di sini, tetapi aku merasakan kehadiranmu dalam setiap napas yang kuambil. Aku menghargai waktu yang kita miliki dan berusaha keras untuk menyerap ajaranmu. Kami merindukanmu."

4. Meninggalkan Anak saat Dipenjara

Istri dan Ibu Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)
Istri dan Ibu Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)

Anak kembar Sanjay Dutt, Iqra dan Shahraan tak pernah tahu kalau ayahnya dipenjara. Sanjay selalu bilang kalau dia sedang syuting di pegunungan.

"Saya mengatakan kepada mereka bahwa saya syuting di pegunungan. Saya harus mengatakan itu karena mereka pintar. Mereka akan berkata, 'Telepon ayah.' Jadi saya biasa mengirimi mereka surat. Untungnya, saya punya jatah dua panggilan telepon sebulan. Saya akan menelepon mereka. Mereka akan bertanya seberapa besar gunung itu, dan saya akan berkata, "Dibutuhkan dua hari untuk datang dan pergi." Saya bersyukur bahwa saya dipenjara ketika mereka masih kecil. Mereka tidak dapat memahami apa yang terjadi," kata Sanjay dalam interview tahun 2016.

5. Pernikahan Ditentang Keluarga

Sanjay Dutt dan Maanayata Dutt (Instagram/@duttsanjay)
Sanjay Dutt dan Maanayata Dutt (Instagram/@duttsanjay)

Meskipun bukan artis dan lebih muda 19 tahun dari sang suami, jangan remehkan talenta seorang Maanayata Dutt. Istri dari aktor Sanjay Dutt ini adalah seorang pengusaha hebat. 

Maanayata Dutt adalah CEO dari sebuah rumah produksi bernama Sanjay Dutt Productions. Dia juga adalah seorang sosialita dan aktivis.

Maanayata Dutt ini sangat protektif terhadap Sanjay. Meskipun banyak orang yang membenci Sanjay, Maanayata Dutt akan selalu berusaha melindunginya.

Tidak mudah berhubungan dengan Sanjay, banyak orang yang hendak memisahkan mereka. Kerabat Sanjay juga banyak yang menentang.

Belum lagi saat Sanjay dipenjara karena kepemilikan senjata ilegal, Maanayata lah yang mengurus segalanya. Maanayata Dutt disebut-sebut sebagai pilar kekuatan seorang Sanjay Dutt.

Ketegaran seorang Maanayata Dutt dan kesigapannya mengurus si kembar pengantin Shahraan dan Iqra yang membuat keluarga Sanjay luluh.

Berbicara soal putra dan istrinya, Maanayata, dia berkata, Sanjay pernah mengungkap harapannya.

"Saya harap anak saya tidak berperilaku seperti saya. Dia punya ibu yang lebih baik. Dia disiplin," katanya.

Sanjay dan Maanayata menikah pada tahun 2008 dan dikaruniai anak kembar pada tahun 2010. Dia sebelumnya menikah dengan Richa Sharma dan punya anak perempuan bernama Trishala. Richa meninggal karena tumor otak tahun 1996.

Sanjay juga pernah menikah dengan Rhea Pillai pada Februari 1998 dan bercerai 2008.

6. Kena Kanker Paru-Paru Stadium 4

Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)
Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)

Sanjay Dutt sendiri sudah memposting akan istirahat sementara dari pekerjaan usai kabar dirinya kena kanker merebak. Dia mengungkapkan hal itu di Instagram dan Twitter pribadinya.

"Hai teman-teman, saya sedang istirahat sejenak dari pekerjaan untuk menjalani perawatan medis. Keluarga dan teman-teman bersama saya dan saya mengimbau para simpatisan saya untuk tidak khawatir atau tidak perlu berspekulasi. Dengan cinta dan harapan baik kalian, saya akan segera kembali!" tulisnya.

Dilansir Times of India, seorang teman dekat Sanjay bilang di situs web kalau sang aktor benar-benar sedih. Aktor film Sanju tersebut mengkhawatirkan anak-anak kecilnya yang saat ini berada di Dubai bersama sang istri, Maanayata Dutt.

Temannya lebih lanjut menyatakan bahwa kanker dapat disembuhkan tetapi membutuhkan perawatan segera dan ketat. Karenanya, sang aktor akan berangkat ke AS untuk perawatan.

Cepat sembuh Sanjay Dutt!

Terkait

Load more