Rabu, 03 Juni 2020

7 Silsilah Keluarga Kajol yang Melegenda, Nenek Sampai Sepupu Artis Semua

Kepoin keluarga artis Kajol yuk, berprestasi semua nih!

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Kajol dan Rani Mukerji (Kolase Instagram)
Kajol dan Rani Mukerji (Kolase Instagram)

Matamata.com - Nggak cuma keluarga Kapoor atau keluarga Bachchan saja yang sudah melegenda di dunia showbiz dari generasi ke generasi. Keluarga Kajol juga artis semua lho.

Yup, Kajol sendiri berasal dari keluarga entertainment yang mendarah daging. Kemampuan akting Kajol dan juga kecantikannya yang membius bisa jadi menurun dari silsilah keluarga artisnya yang melegenda.

Kajol (Instagram/@kajol)
Kajol (Instagram/@kajol)

Mungkin publik sudah tahu kalau artis Rani Mukerji adalah sepupu Kajol, lalu bagaimana dengan keluarga Kajol yang lain?

Yuk deh kenalan dengan silsilah keluarga Kajol yang melegenda di Bollywood dilansir dari berbagai sumber.


1. Shomu Mukherjee

Transformasi Kajol (Dailymotion/Bollywood Now)
Transformasi Kajol (Dailymotion/Bollywood Now)

Kajol lahir di Bombay (Mumbai) dari keluarga film Mukherjee-Samarth keturunan Bengali-Marathi. Ibunya, Tanuja, adalah seorang aktris, sementara ayahnya Shomu Mukherjee adalah seorang sutradara dan produser film. Shomu meninggal pada 2008 setelah menderita serangan jantung.

Shomu Mukherjee adalah sutradara, penulis, dan produser India. Lahir pada tahun 1943, ia adalah putra keempat Sashadhar Mukherjee, pemilik studio Filmalaya, dan Sati Rani Devi.

2. Tanuja Samarth

Kajol bersama ibunya, Tanuja (Instagram/@kajol)
Kajol bersama ibunya, Tanuja (Instagram/@kajol)

Ibu Kajol, Tanuja Samarth, dikenal sebagai Tanuja, adalah seorang aktris film India, yang sebagian besar bekerja di industri film Hindi. Bagian dari keluarga Mukherjee-Samarth, ia adalah putri aktris Shobhna Samarth dan produser Kumarsen Samarth, dan menikah dengan pembuat film Shomu Mukherjee, yang dengannya ia memiliki dua anak perempuan, aktris Kajol dan Tanisha.

Sebagai penerima dua Penghargaan Filmfare, Tanuja terkenal karena perannya dalam film-film Hindi seperti Memdidi (1961), Chand Aur Suraj (1965), Baharen Phir Bhi Aayengi (1966) dan masih banyak lagi. Dia populer di akhir 60-an dan awal 70-an saat berpasangan dengan aktor Sanjeev Kumar, Rajesh Khanna dan Dharmendra.

3. Nutan Samarth

Kajol pernah membagikan potret kolase jadul para wanita di keluarganya yang artis semua.

Berbagi kolase di Instagram, Kajol menulis, "Dari siapa aku berasal ... para feminis sejati! #Strongwomen #livelearnlove," tulis Kajol pada caption Januari 2020 lalu.

Gambar monokrom menunjukkan Kajol, Shobhna, Nutan dan Tanuja dalam urutan searah jarum jam.

Silsilah keluarga Kajol dari pihak wanita (Instagram/@kajol)
Silsilah keluarga Kajol dari pihak wanita (Instagram/@kajol)

Yup, Nutan Samarth adalah bibi Kajol. Lebih dikenal sebagai Nutan adalah seorang aktris film India. Dalam karir yang membentang hampir empat dekade, ia muncul dalam lebih dari 70 film Hindi, banyak dalam peran utama.

Dianggap sebagai salah satu aktor wanita terbaik dalam sejarah perfilman India, Nutan terkenal karena memainkan bagian-bagian yang tidak konvensional dan penampilannya sering menerima pujian dan penghargaan.

Nutan memegang rekor lima kemenangan penghargaan Aktris Terbaik di Filmfare, yang hanya dipegang olehnya selama lebih dari 30 tahun hingga akhirnya disamai oleh keponakan perempuannya Kajol pada 2011. Pada 1974, ia dianugerahi Padma Shri oleh Pemerintah India.

4. Shobhna Samarth

Nenek Kajol, Shobhna Samarth adalah seorang aktris, sutradara dan produser film India yang memulai karirnya di masa-masa awal film-film talkie di industri film Hindi, dan melanjutkan peran utama hingga tahun 1950-an.

Film Hindi pertamanya, Nigahen Nafrat, dirilis pada tahun 1935. Ia paling diingat karena perannya sebagai Sita di Ram Rajya (1943). Pada 1997, ia merasa terhormat ketika mendapat Penghargaan Khusus Filmfare atas kontribusinya pada seni.

Samarth kemudian memproduksi dan menyutradarai sepasang film yang meluncurkan karier putri-putrinya, Nutan dan Tanuja.

5. Tanishaa Mukerji

Kajol bersama ibunya, Tanuja dan adiknya, Tanishaa Mukerji (Instagram/@kajol)
Kajol bersama ibunya, Tanuja dan adiknya, Tanishaa Mukerji (Instagram/@kajol)

Adik kandung Kajol, Tanishaa Mukerji adalah seorang aktris film India yang dikenal karena karyanya dalam film-film India, film Bollywood dan Telugu dan Tamil. Dia melakukan debut dengan film Hindi Sssshhh ... pada tahun 2003.

Dia lalu melakukan hit pertamanya dengan Sarkar karya Ram Gopal Varma, muncul bersama Amitabh Bachchan dan Abhishek Bachchan. Perempuan cantik ini juga seorang kontestan, dan berakhir sebagai runner-up pertama pada reality show Bigg Boss 7 pada 2012

6. Rani Mukerji

 Rani Mukerji  (Instagram/@ranimukerji_official)
Rani Mukerji (Instagram/@ranimukerji_official)

Sepupu Kajol yang sukses adalah Rani Mukerji. Rani Mukerji adalah seorang aktris film India. Penerima penghargaan seperti tujuh Penghargaan Filmfare dan mssuk daftar aktris film Hindi paling populer dan bayaran tertinggi tahun 2000-an.

Meskipun Mukerji dilahirkan dalam keluarga Mukherjee-Samarth, di mana orang tua dan kerabatnya adalah anggota industri film India, ia tidak bercita-cita untuk mengejar karir di bidang film. Sebagai seorang remaja ia berkecimpung dalam akting dengan membintangi film ayahnya berbahasa Bengali, Biyer Phool dan dalam drama sosial Raja Ki Aayegi Baraat (keduanya 1996).

Mukerji memiliki kesuksesan komersial pertamanya dengan film aksi Ghulam (1998) dan membuat terobosan film dengan Kuch Kuch Hota Hai (1998). Menyusul kemunduran singkat, tahun 2002 menandai titik balik baginya ketika ia dicasting oleh Yash Raj Films sebagai bintang drama Saathiya.

7. Ayan Mukerji

Kajol dan Rani Mukerji reuni di Festival Durga Puja (Instagram/@voompla)
Kajol, Rani Mukerji dan Ayan Mukerji reuni di Festival Durga Puja (Instagram/@voompla)

Sepupu Kajol yang lain, Ayan Mukerji adalah seorang sutradara film India. Mukerji membuat debut sutradara pada usia 26 dengan film komedi Wake Up Sid (2009), diproduksi oleh Karan Johar. Film ini sukses di Box Office serta banjir pujian kritikus.

Rilisan berikutnya, komedi romantis 2013, Yeh Jawani Hai Deewani, berada di antara film Hindi dengan pendapatan tertinggi tahun itu. Pria 36 tahun ini sering disebut sebagai sahabat Ranbir Kapoor dan dia juga menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa Kapoor telah menjadi "sesuatu yang menjadi inspirasi" baginya.

Itu dia 7 silsilah keluarga Kajol yang melegenda tapi jarang disorot. Siapa idolamu?

Terkait

Load more