Sabtu, 18 Januari 2020

Sepak Terjang Amitabh Bachchan, Dicap Gagal hingga Selingkuh

Berikut sisi lain dari sang mega bintang :)

Tinwarotul Fatonah | Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)
Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Matamata.com - Publik India pastilah mengenal sosok Amitabh Bachchan. Dikenal dengan julukan Star of the Millennium, Big B, one-man Industry, dialah mega bintang yang dipuja dan dikagumi jauh sebelum masa Shah Rukh Khan datang.

Sepak terjang selama 50 tahun karirnya sudah menghasilkan banyak penghargaan dan pencapaian yang mengagumkan. Namun siapa sangka salah satu aktor terbaik dan tokoh berpengaruh di India ini ternyata juga pernah kena skandal perselingkuhan.

Amitabh Bachchan lahir di Allahabad, Uttar Pradesh pada 11 Oktober 1942. Ayahnya Harivansh Rai Bachchan adalah seorang sastrawan, dan ibunya Teji Bachchan termasuk orang suci keagamaan.

Ibu Amitabh Bachchan sangat menyukai seni teater. Hal inilah nantinya yang mempengaruhi keputusan putranya masuk ke industri showbiz.


Awal masa karier Amitabh Bachchan sangat suram. Dia bahkan dicap pendatang baru yang gagal karena sudah memasuki usia 30 tahun tapi filmnya jarang ada yang sukses. Nasibnya berubah ketika bertemu ayah Salman Khan, Salim Khan.

Salim Khan saat itu sedang menulis sebuah skenario film berjudul Zanjeer (1973) bersama Javed Akhtar. Filmnya akan disutradarai oleh Prakash Mehra, tapi dia belum menemukan sosok ideal untuk memerankan 'angry young man', tokoh utama dalam filmnya.

Beberapa aktor menolak film itu dikarenakan cerita dengan bumbu thriller-action masih kalah populer dengan genre romantis masa itu. Dipilihlah Amitabh Bachchan karena Salim melihat potensi aktor itu yang tidak dilirik pembuat film lainnya.

Selanjutnya sudah bisa ditebak, film itu benar-benar sukses besar. Zanjeer menjadi salah satu film dengan pendapatan paling banyak yang pernah diraih kala itu. Film seorang Amitabh Bachchan akhirnya menduduki Box Office dan membuatnya menjadi super star.

Nama Amitabh Bachchan dilirik sutradara dan produser film besar lainnya. Sejak saat itu sosoknya diagungkan dan kesuksesannya seolah tak terhentikan.

Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)
Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

 

Menikah

Yang namanya super mega bintang pastilah diidolai dan dikagumi banyak orang. Rasanya hampir sebagian besar masyarakat Bollywood mencintai sosok Amitabh Bachchan kala itu. That's why mereka patah hati saat Big B menambatkan hati pada Jaya Bhaduri.

Saat itu sekitar awal 1970an keduanya pertama kali bertemu di Pune Film Institute. Walaupun kepribadian Amitabh memang menarik, Jaya Bhaduri belum tertarik. Pasalnya saat itu Amitabh Bachchan masih aktor pemula, dan Jaya sudah jadi artis terkenal.

Amitabh Bachchan melihat cover majalah di mana Jaya menjadi modelnya. Seketika itu doi merasa deg-degan karena Jaya punya perpaduan sempurna gadis modern dengan pesona tradisional yang kental. Terlebih ketika seorang sutradara mempertemukan mereka berdua dalam sebuah film, Guddi. Amitabh benar-benar antusias.

Jaya mengenang pertemuan itu dalam sebuah interview. ''Aku dikenalkan dengannya di lokasi syuting Guddi. Aku terkesan dengannya. Aku pikir dia berbeda meskipun banyak orang yang tertawa saat aku mengatakannya. Aku mengungkapkan perasaanku kalau dia akan jadi aktor besar suatu saat nanti. Aku jatuh cinta padanya saat itu juga.''

Memang Jaya lah yang pertama kali merasa jatuh cinta dengan Amitabh. Gayung bersambut, Amitabh juga jatuh cinta pada Jaya saat keduanya kembali dipertemukan lewat film Ek Nazar.

Loncatan besar terjadi pada hubungan mereka saat film Box Office pertama Amitabh Bachchan berjudul Zanjeer (1973) rilis. Saat itu Amitabh harus ke London dan ia mengajak Jaya ikut serta. Tapi orangtua Amitabh melarang putranya mengajak gadis kalau mereka belum menikah. Alih-alih mengatakan tidak, Amitabh langsung mengambil langkah penting untuk melamar Jaya.

Mereka pun menikah pada 3 Juni 1973 di hari yang sama kepergian mereka ke London. Pernikahan itu berlangsung tertutup dengan hanya dihadiri keluarga dan teman dekat.

Dua sejoli yang direstui banyak orang itu dianugerahi putra dan putri, yakni Shweta dan Abhishek. Jaya pun resmi pensiun sebagai artis dan lebih memilih mengurus dua anaknya.

Amitabh pun memuji keputusan istrinya itu. ''Setiap pernikahan adalah tantangan, rumah tangga kami juga begitu. Satu hal yang membuatku mengagumi Jaya adalah ketika dia memberikan prioritas pada rumah tangga dibandingkan film. Aku tidak pernah melarangnya berakting, itu murni keputusannya. ''

Jaya Bachchan dan Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)
Jaya Bachchan dan Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

 

Perselingkuhan

Baru 3 tahun menikah, berita perselingkuhan Amitabh dan lawan mainnya Rekha mengguncang industri perfilman Bollywood. Isu perselingkuhan ini adalah salah satu berita heboh yang paling banyak diperbincangkan sepanjang masa.

Cerita cinta dua legenda Bollywood ini berawal di lokasi syuting film Do Anjaane (1976). Kabarnya di awal-awal hubungan rahasia itu, mereka sering bertemu di bungalow milik teman Rekha. Tidak pernah ada yang membicarakannya, sampai suatu insiden terjadi.

Saat syuting film Ganga Ki Saugandh (1978), Big B dikabarkan meledak amarahnya saat salah satu aktor memperlakukan Rekha tidak baik. Sejak kejadian itu, semua orang mulai curiga kalau mereka lebih dari sekadar teman.

Gosip makin kencang berhembus saat Rekha menghadiri pernikahan Rishi Kapoor dan Neetu Singh dengan menggunakan Sindoor dan Mangalsutra. Itu adalah pakaian dan aksesoris yang dikenakan wanita India saat sudah menikah. Tak ayal, publik curiga Rekha dan Amitabh diam-diam menikah.

Kabar mengatakan setelah insiden itu, Jaya Bachchan mengundang Rekha ke rumah untuk makan malam. Jaya bilang ia tidak akan meninggalkan Amitabh untuk alasan apapun.

Dilansir dari bollywoodshaadis.com, dalam suatu interview oleh Filmfare magazine tahun 1984, Rekha mengungkapkan perasaannya tentang Amitabh yang menyangkal hubungan mereka.

''Kenapa dia tidak boleh menyangkalnya? Dia melakukan itu untuk menjaga imejnya, keluarganya, dan anak-anaknya. Kenapa publik harus tahu tentang cintaku padanya atau cintanya padaku? Aku mencintainya dan dia mencintaiku, itu cukup! Kecuali kalau dia menolakku secara langsung, aku baru akan kecewa.''

Rekha juga menambahkan: ''Mr. Bachchan masih kuno. Dia nggak mau melukai siapa pun, jadi kenapa harus melukai istrinya?''

Amitabh Bachchan dan Rekha (Instagram/@patakaaguddii_)
Amitabh Bachchan dan Rekha (Instagram/@patakaaguddii_)

 

Pernikahan 45 tahun

Setelah film Silsila (1981), hubungan Rekha dan Amitabh sepertinya memudar. Rekha ingin menikah dengan Amitabh, tapi Amitabh tidak mau meninggalkan Jaya. Mereka pun tidak pernah berhubungan lagi baik di film atau di balik layar.

Rekha sempat move on dan menikah dengan Mukesh Agarwal tahun 1990. Meskipun dia baru tahu kalau suaminya memiliki sakit kejiwaan setelah 3 bulan menikah. Rekha pun menjauh sejenak dari suaminya untuk memutuskan yang terbaik bagi pernikahan mereka. Sayang, suaminya gantung diri saat Rekha pergi. Pernikahan mereka hanya bertahan kurang lebih 7 bulan.

Dalam sebuah wawancara Rekha mengatakan alasannya memakai Sindoor waktu itu. ''Di kota tempat asalku, orang-orang biasa memakai Sindoor. Aku nggak peduli reaksi orang lain. Sindoor cocok untukku.''

Sementara itu pernikahan Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan bertahan hingga sekarang. Sudah 45 tahun mertua Aishwarya Rai itu mempertahankan biduk rumah tangganya.

Dalam sebuah interview, Jaya pernah ditanya soal gosip selingkuh suaminya dan Rekha.

Tanpa ragu ibunda Abhishek Bachchan itu menjawab, ''Aku benar-benar percaya dengan suamiku dan aku tahu bagaimana industri ini berjalan. Aku tidak akan pernah merasa terancam atau merasa tidak aman dengan apapun yang suamiku lakukan.''

Amitabh Bachchan, Aishwarya Rai dan keluarga (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb_)
Amitabh Bachchan, Aishwarya Rai dan keluarga (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb_)

 

Terkait

Load more