Seleb

Maknai Kemerdekaan Indonesia, Andien Aisyah: Sebuah Proses

Begini arti kemerdekaan buat seorang Andien.

Tinwarotul Fatonah | Yuliani

Andien Aisyah (Instagram @andienaisyah)
Andien Aisyah (Instagram @andienaisyah)

Matamata.com - Andien Aisyah bicara soal kemerdekaan Indonesia di HUT RI ke-75 tahun ini. Baginya, kemerdekaan adalah sebuah proses.

"Kalau bicara kemerdekaan, satu yang terlintas di benakku adalah sebuah proses. Karena yang namanya kemerdekaan yang pastinya nggak akan diraih tanpa proses panjang banget," kata Andien Aisyah dalam siaran langsung Video.com, Senin (17/8/2020).

Nama anak seleb yang unik. (Instagram/@andienaisyah)
Nama anak seleb yang unik. (Instagram/@andienaisyah)

Penyanyi berusia 34 tahun itu menyebut merdeka adalah hak setiap orang. Akan tetapi, tak banyak yang bisa memerdekakan diri sendiri.

"Memang yang namanya kemerdekaan itu adalah hak bagi setiap orang, tapi di dunia seperti sekarang ini, di mana kita dibatasi oleh berbagai macam hal, termasuk limitasi diri kita sendiri, akhirnya kita banyak gagal dalam proses kemerdekaan diri kita sendiri," ujarnya.

Pelantun Gemintang ini percaya setiap orang akan berhasil pada akhirnya. Intinya, di hari kemerdekaan ini, Andien menyebut segala hal harus dilalui dengan ikhlas.

"Dan aku rasa ketika kita bisa nyampai ke suatu titik bisa ternsyum adalah kita bisa ikhlas, menerima yang lalau di belakang sebagai suatu pembelajaran buat kita," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report