cancel
Kamis, 13 Agustus 2020

Tergiur Diskon Besar, Ini Kronologi Tessa Kaunang Tertipu Beli Sepeda

"Harganya itu sebenarnya Rp 57 juta sekian. Tapi dapat diskon 60 persen jadi harganya Rp 23 juta," kata Tessa Kaunang.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Tessa Kaunang (MataMata.com/Herwanto)
Tessa Kaunang (MataMata.com/Herwanto)

Matamata.com - Tessa Kaunang melaporkan oknum penjual online diduga penipuan. Artis cantik ini pun membeberkan kronologi awal kejadian penipuan saat membeli sepeda mewah merek Brompton pada, Minggu (26/7/2020) kemarin.

Lantaran sedang musim sepeda, Tessa tertarik untuk membeli sebuah sepeda di salah satu toko online terbesar di Indonesia. 

"Jadi pada hari Minggu kemarin saya belanja online di salah satu toko online terbesar di Indonesia. Karena lagi musim sepeda saya belanja sepeda ceritanya," ungkap Tessa Kaunang, usai membuat laporan di Polres Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2020) malam.


Tergiur diskon sebesar 60 persen, mantan istri Sandy Tumiwa mengaku tertarik membeli sepeda merek Brompton itu. Tessa Kaunang pun memutuskan untuk membelinya dengan harga Rp 23 juta.

"Harganya itu sebenarnya Rp 57 juta sekian. Tapi dapat diskon 60 persen jadi harganya Rp 23 juta. Nah, namanya perempuan kita tergiur yak. Apalagi warnanya itu warna yang saya suka warna ungu, saya beli langsung," kata Tessa Kaunang.

Pelapak dengan nama TDR Bike di aplikasi Bukalapak menghubungi Tessa untuk memintanya memasukan kode voucher diskon tersebut usai Tessa Kaunang melakukan pembayaran. 

"Dia kasih link, saya masukin, lalu diminta masuki OTP," jelas Tessa Kaunang.

Tessa Kaunang (MataMata.com/Herwanto)
Tessa Kaunang (MataMata.com/Herwanto)

Tessa Kaunang lalu mengikuti anjuran dari penjual tersebut karena tidak mengerti prosedur belanja online.  Namun selang satu jam kemudian dalam aplikasi Bukalapak dinyatakan barang sudah sampai, padahal toko TDR Bike tersebut berada di Semarang.

"Saya ini memang bisa dibilang gaptek (gagap teknologi). Baru pertama kali belanja online di tempat ini. Saya pas masukin kode OTP langsung sesuai prosedur. Habis itu orangnya sempat telepon lagi. 'Ibu jangan dibuka websitenya masih diaktivasi kode diskon'. Saya ikuti. Habis itu tidak ada kabar lagi. Tahu-tahu laporan barang sudah saya terima dan selesai. Saya beli 15.15 WIB jam 16.45 WIB sampai," jelas Tessa Kaunang.

Tessa Kaunang usai menjalani pemeriksaan terkait kasus fitnah oleh Sandy Tumiwa di Polda Metro Jaya. (Ismail/Suara.com)
Tessa Kaunang (Ismail/Suara.com)

Tessa Kaunang pun kemudian tersadar kalau dirinya telah ditipu. Perempuan 43 tahun itu pun kemudian memutuskan untuk melaporkan kasusnya ke polisi. Bagi Tessa uang Rp 23 juta cukup besar meski profesinya adalah artis.

"Mungkin ada orang yang berpikir Rp 23 juta itu nggak seberapa. Tapi kalau buat saya besar. Saya bekerja keras, susah payah, terus tiba-tiba kena satu hal yang menurut saya penipuan," ucap Tessa Kaunang.

Selain itu, Tessa Kaunang juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada saat melakulan transaksi di online shop dan tidak tergiur diskon besar. 

"Kita memang harus waspada ternyata yang menurut saya aman. Apalagi zaman sekarang lagi digalakkan belanja online biar di rumah aja, eh masih ada juga oknum yang memanfaatkan keadaan ini. Apalagi kita ibu-ibu yang suka diskon, kita jangan tergiur sama diskonnya tapi harus benar-benar waspada," ujarnya.

Itu kronologi Tessa Kaunang ditipu beli sepeda Rp 23 juta. [Herwanto]

Terkait

Load more