Sabtu, 11 Juli 2020

Tiga Kali Kena Stroke, El Ibnu Vokalis Elkasih Kini Pakai Kursi Roda

Saat terkena stroke ketiga kali,El Ibnu Vokalis Elkasih juga menderita aphasia atau bisu karena penyakit.

Linda Rahmadanti
cloud_download Baca offline
El Ibnu vokalis band Elkasih [Matamata.com/Rena Pangesti]
El Ibnu vokalis band Elkasih [Matamata.com/Rena Pangesti]

Matamata.com - Lama tak ada kabar, vokalis grup band Elkasih, Ibnu Aventinu atau akrab disapa El Ibnu ternyata tengah sakit stroke.

Ia sudah menderita penyakit stroke selama lebih dari 5 tahun.

El Ibnu berkisah, stroke pertama dirasakannya pada Januari 2015. Penyakit itu muncul saat ia manggung di Maroko.

"Stroke terjadi malam hari. Tanpa sadar, mulutnya udah menyon," kata El Ibnu ditemui Suara.com di sebuah panti jompo di Tangerang Selatan pada Senin (22/6/2020).


Namun, karena sudah terikat kontrak seminggu, ia tetap melakukan pekerjaan. Stroke kembali terjadi, keadaan frontman Elkasih ini makin memburuk.

El Ibnu vokalis band Elkasih [Suara.com/Rena Pangesti]
El Ibnu vokalis band Elkasih [Suara.com/Rena Pangesti]

"Kena di bagian badan kiri, jalannya pun sudah nyeret. Dibawa ke rumah sakit di Maroko," ujarnya yang kini memakai kursi roda untuk beraktivitas.

Tiba di Indonesia, lelaki berusia 41 tahun ini ternyata tidak langsung konsultasi pada dokter. Ia memilih untuk menggunakan obat herbal untuk melawan penyakitnya itu. 

"Menggunakan obat herbal," ucapnya.

Hanya saja keadaannya tak membaik. Dia pun mendapat serangan stroke kedua pada Juli 2015.

"Efek dari serangan itu, mati rasa sebelah kiri. Akhirnya dirawat di rumah sakit Bandung," katanya.

Ironisnya, selama 14 hari dirawat, kondisinya tak kunjung membaik. Justru dia malah kena stroke ketiga. Bahkan ia juga kena aphasia. 

"1 Januari 2016 serangan stroke ketiga. Di sini bukan hanya kena stroke, tapi juga aphasia atau bisu karena penyakit," katanya.

Aphasia yang diderita sejak itu membuat El Ibnu sulit bicara. Bahkan kini untuk komunikasi, ia menggunakan handphone untuk menulis pesan yang ingin disampaikan.

Pelantun Kau Tigakan Cintaku ini tak tau secara detail apa yang menyebabkan stroke bisa menyerang. Tapi menurutnya, pekerjaan yang terus menerus menjadi salah satu faktor.

"Stres bekerja dan kurang mensyukuri hidup," ujar dia.

Saat ini El Ibnu memang tinggal di panti jompo. Dia diantar kawan karibnya tinggal di sana. Sudah 8 hari ia berada di panti tersebut, setelah sebelumnya tinggal bersama sang paman. (Rena Pangesti)

Terkait

Load more