Kamis, 05 Desember 2019

Risalah Lengkap Lukman Sardi Pindah Agama

Lukman Sardi berpindah keyakinan dari seorang Muslim menjadi penganut Kristen.

Madinah
Lukman sardi (Suara.com/Ismail)
Lukman sardi (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Lukman Sardi untuk kali pertama blak-blakan soal keputusannya berpindah keyakinan dari seorang Muslim menjadi penganut Kristen.

Hal ini disampaikan anak almarhum violis Idris Sardi itu dalam akun YouTube Alvin and Friends. Di situ, Lukman Sardi membeberkan proses hingga akhirnya dia putuskan pindah agama.

"Sekali-kalinya gue trending topic di Twitter dan Instagram. Gue nggak paham tiba-tiba temen gue bulang lo liat Instagram lo. Komennya ratusan, gue pikir sesuatu yang keren, makin ngetop. Iya makin ngetop sih, hehe," seloroh Lukman Sardi kepada Alvin.


"Itu perjalanan sih. Setiap orang punya perjalanan yang berbeda-beda konsekuensi dari pilihan yang diambil. Dari kasus gue adalah tentang agama," lanjutnya.

Dilanjutkan Lukman Sardi, meski dia berasal dari keluarga Islam yang cukup kuat, namun tak banyak orang tahu kalau banyak kerabat dari ayah dan ibunya yang berbeda agama.

Lukman Sardi (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Lukman Sardi (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

"Gue punya latar belakang agam Islam yang cukup kuat karena keluarga Islam. Tapi banyak yang nggak tahu kalau sepupu-sepupu Bapak gue juga banyak yang kristen. Sepupu Bapak gue yang tinggal di Jogja itu banyak sekali yang Kristen, termasuk keluarga ibu gue.

Di keluarga gue itu sangat plural. Mereka tidak ada isu masalah yang besar terhadap hal itu. Bahkan adik gue lebih dulu convert (pindah agama Kristen)," tambah Lukman Sardi.

Jujur Lukman mengatakan keinginannya berpindah agama ke Kristen sempat dikritisi oleh alarmhum ayahnya.

Lukman Sardi dan ketiga buah hatinya. (Instagram/@lukmansardi)
Lukman Sardi dan ketiga buah hatinya. (Instagram/@lukmansardi)

"Walaupun namanya orang tua pengen anaknya (punya agama) sama. Dan Bapak gue jujur bilang seperti itu. Tapi dia kembali menyerahkan ke gue. This your life, not my life. Tapi dia mengingatkan, pada saat mengambil pilihan lo harus bertanggung jawab nggak bisa menyalahkan orang lain, itu yang selalu gue pegang," beber Lukman lagi.

Malah, di penghujung usianya, Idris Sardi mengaku bahagia dengan keputusan Lukman berpindah agama.

"Ini sekaligus mematahkan bahwa selama ini ada orang bilang pasti bapaknya sedih. Bapak gue sebelum meninggal happy, ini pertama kali gue bilang. Dia bilang 'kamu sekarang berada di tempat yang paling tempat buat kamu Lukman'.

Seperti diketahui, video kesaksian Lukman Sardi sempat bikin heboh publik. Dari situ diketahui jika anak alamrhum violis Lukman Sardi itu telah berpindah keyakinan dari seorang Muslim menjadi penganut Kristiani.

 

 

Terkait

Load more