Sabtu, 23 November 2019

Kronologi Intan Hardja Beli Lagu Pablo Benua yang Diduga Hasil Plagiat

Lagu yang Intan Hardja Beli dari Pablo Benua diduga plagiat, ini awal mulanya.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yuliani
Intan Hardja. (Matamata.com/Yuliani)
Intan Hardja. (Matamata.com/Yuliani)

Matamata.com - Keinginan presenter Intan Hardja untuk berkarier sebagai penyanyi tersandung di awal perjalanan. Hal itu lantaran lagu yang ia beli dari Pablo Benua diduga plagiat dari musisi asal Taiwan.

Intan tak pernah menaruh curiga saat didengarkan pertama kali lagu Ku Ingin Sendiri yang diduga menyadur lagu milik Jay Chou, musisi Taiwan dengan judul, Zul Chang De Dian Ying. Saat itu, semua berawal dari curhatannya ke istri Pablo Benua, Rey Utami.

"Waktu itu ada event bareng. Aku nggak sengaja ketemu, cerita sama istrinya, 'aku mau nyanyi nih ngeluarin single, cari lagunya kemana ya?'. Katanya [Rey Utami] 'ke abang [Pablo] aja, abang lagunya banyak," ujar Intan Hardja menirukan percakapannya dengan Rey Utami saat ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).

Dari obrolan berlanjut ke pertemuan. Intan diperdengarkan lagu hasil ciptaan Pablo Benua.


"Beberapa lagu awal (dengerin) aku kurang suka. Akhirnya suaminya ngeluarin lagu masterpiece-nya yang katanya tidak ke sembarang orang mau dia keluarin," ujar Intan.

Benar saja, Intan yang semula tak tertarik dengan lagu-lagu ciptaan Pablo langsung suka dengan Ku Ingin Sendiri yang diduga saduran lagu milik musisi luar negeri itu.

"Pas didengerin (Ku Ingin Sendiri) ternyata lagunya enak sekali, ya udah kita buat kesepakatan," ujar Intan Hardja.

Intan Hardja. (Matamata.com/Yuliani)
Intan Hardja. (Matamata.com/Yuliani)

Lagu tersebut kemudian dijadikan single Intan Hardja dan dirilis di Youtube pada September 2019. Alih-alih dapat sambutan positif, lagu tersebut malah diminta diturunkan oleh Youtube terkait persoalan hak cipta karena diduga telah plagiat.

"Beli April. Naikin di youtube September akhir. Kena tegurannya baru beberapa minggu ini kok," ujar Intan Hardja.

Terkait

Load more