Kamis, 19 September 2019

Suami Sebut Kanker Ria Irawan Bukan Sel Baru

Mayky Wongkar membeberkan kondisi Ria Irawan.

Linda Rahmadanti
Ria Irawan dan Mayky Wongkar/ Instagram @mayk_wongkar
Ria Irawan dan Mayky Wongkar/ Instagram @mayk_wongkar

Matamata.com - Suami Ria Irawan, Mayky Wongkar mewakili sang istri menjelaskan kondisi sang istri yang kembali mengidap kanker dan membuatnya kembali lemah. Menurut Mayky, kanker yang diidap Ria Irawan bukanlah kanker yang baru muncul.

"Jadi saya cuma menjelaskan, ini endometrium. Sel anak kanker dari endometrium yang menyebar ke bagian kepala dan paru, jadi bukan tumor yang baru, ini anak (sel kanker) endometrium yang lama," ungkap Mayky Wongkar bersdama Ria Irawan, saat menggelar konfrensi pers di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2019).

Ria Irawan (kanan) bersama suami, Mayky Wongkar. [Yuliani/Suara.com]
Ria Irawan (kanan) bersama suami, Mayky Wongkar. [Yuliani/Suara.com]

Saat ini, sel kanker itu terlihat kembali dari hasil MRI dibagian kepala. Sel tersebut awal muncul lima tahun lalu, saat operasi penebalan dinding rahim.

"Ria Irawan beberapa tahun yang lalu, pada tahun 2014 menjalani operasi penebalan dinding rahim, dan dokter memvonis sel CA atau cancer endometrium stadium 3C," jelas Mayky.


Saat itu, Ria Irawan langsung menjalani pengobatan sesuai petunjuk dokter selama 1,5 tahun. Dinyatakan bersih dari kanker pada 2016 awal, tak dinyana setahun kemudian sel tersebut muncul kembali di bagian tubuh berbeda.

"Setelah menjalankan kemoterapi dan radiasi sesuai anjuran dokter, selama 1,5 tahun istri saya bersih dari kanker, tapi tidak berselang lama, pada tahun 2017, sel kanker itu keluar lagi di bagian diafragma," jelas Mayky.

Kembali menjalani kemoterapi, Ria Irawan disayangkan kembali drop pada 2018 akhir. Hal itu diduga lantaran terapi pada 2017 tidak disertakan radiasi, hanya kemoterapi.

Ria Irawan dijenguk Melly Goeslaw dan Lala Karmela. [Instagram]
Ria Irawan dijenguk Melly Goeslaw dan Lala Karmela. [Instagram]

"Dan istri saya kembali menjalankan kemoterapi tetapi kali itu tidak disertakan radiasi, tidak seperti awal (2011), radiasi dan kemoterapi," imbuhnya.

Ria Irawan akan melakukan radiologi sebanyak 10 kali sebelum nantinya dilakukan relatif kemo untuk bagian tubuh seperti paru dan sebagainya. Hal itu untuk mengecilkan sel kanker yang diidapnya.

"Jadi sebenernya tumor itu dikecilkan saja untuk tidak menekan urat saraf di bagian kepala. Setelah nanti akan melakukan sinar kepala sebanyak 10 kali akan dilakukan namanya relatif kemo untuk bagian tubuh seperti paru dan sebagainya lah," ujar Mayky Wongkar.

Terkait

Load more