Rabu, 01 April 2020

Begini Pesan Sutopo Purwo untuk Ani Yudhoyono Kurangi Efek Kemoterapi

Ani Yudhoyono alami perubahan drastis setelah kemoterapi, Sutopo Purwo Nugroho beri pesan ini.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Firna Larasanti
cloud_download Baca offline
Sutopo Purwo Nugroho. (Suara.com/Erick Tanjung)
Sutopo Purwo Nugroho. (Suara.com/Erick Tanjung)

Matamata.com - Kondisi memprihatinkan Ani Yudhoyono setelah menjalani kemoterapi turut direspons oleh Sutupo Purwo Nugroho. Ya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) itu diketahui juga tengah bergelut dengan penyakit kanker.

Melalui Instagram pribadinya, @sutopopurwo, ia menjelaskan beberapa tips untuk mengurangi efek kemoterapi yang memang sangat menyakitkan.

"Bu Ani SBY, menjalani kemoterapi pasti membuat stamina tubuh drop, nafsu makan turun, HB darah turun, rasa mual, muntah, rambut rontok, dan tubuh rasanya tidak nyaman dan menyakitkan. Apalagi ditambah masih minum obat-obatan," terang Sutopo.

Annisa Pohan dan Ani Yudhoyono (Instagram @aniyudhoyono)
Annisa Pohan dan Ani Yudhoyono (Instagram @aniyudhoyono)

 


Lebih lanjut, Sutopo menerangkan jika gejala berikut juga dialami oleh dirinya sendiri dan para survivor kanker saat kemoterapi.

"Untuk mengurangi efek kemoterapi itu, perbanyak minum jus buah naga, bit dan buah lainnya. Minum air putih yang banyak untuk melarutkan cairan kemo di tubuh. Makan ikan gabus atau protein tinggi. Minum penambah nafsu makan. Coba untuk meditasi untuk menenangkan hati," jelas Sutopo Purwo.

Tak lupa Sutopo juga memberikan dukungan dan semangat untuk istri presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono itu.

"Jadi tetap semangat ibu. Jalani semua dengan sabar dan ikhlas. Ibu tidak sendirian. Kami survivor kanker selalu mendoakan ibu. Kita sama-sama saling menguatkan. Semoga ibu cepat sembuh dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Semangat ya Bu Ani SBY," pungkas Sutopo.

Sutopo Purwo (Instagram/@sutopopurwo)
Sutopo Purwo (Instagram/@sutopopurwo)

Tak berselang lama, unggahan ini ramai dibanjiri doa dari para netizen.

"Semoga Pak Sutopo dan Ibu Ani sama-sama diberi kesembuhan, diangkat segala penyakitnya. Tuhan maha menyembuhkan," kata akun @yose_siska.

"Semoga lekas membaik dan segera sembuh bu," imbuh akun @linahananiekaputri.

"Jadi pengen nangis, semoga lekas sembuh ya bu," sambung netizen @randias1267.

"Semoga segera diangkat penyakitnya Pak Sutopo dan juga Ibu Ani Yudhoyono diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan," terang netizen lain @indrimoes.

Terkait

Load more