Senin, 20 Januari 2020

Keberatan dengan Putusan MA, Rhoma Irama: Mau Diapain Ridho?

MA memperberat hukuman Ridho Rhoma menjadi 1,5 tahun penjara.

Linda Rahmadanti
cloud_download Baca offline
Rhoma Irama dan Ridho Rhoma (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Rhoma Irama dan Ridho Rhoma (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Matamata.com - Ridho Roma kini harus menelan pahitnya kenyataan. Penyanyi dangdut Ridho Rhoma harus kembali ke penjara menyusul putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang memperberat hukumannya jadi 1,5 tahun penjara.

Sementara, ayah Ridho, Rhoma Irama menilai, putusan MA tersebut justru bisa mengganggu proses penyembuhan sang putra dari penyalahgunaan narkoba. Dia khawatir, penjara akan membawa dampak buruk buat Ridho.

Penyanyi dangdut Ridho Rhoma menjalani pemeriksaan di markas BNN Pusat, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (30/3/2017). (suara.com/Kurniawan Mas'ud)
Penyanyi dangdut Ridho Rhoma menjalani pemeriksaan di markas BNN Pusat, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (30/3/2017). (suara.com/Kurniawan Mas'ud)

"Mau diapain Ridho? Mau dihancurkan lagi? Padahal Ridho sudah sembuh dan sekarang mau dihancurkan lagi? Sementara negara merehab orang-orang pengguna, memenjarakan pengedar dan bandar. Saya nggak ngerti penegakan hukum kita ini,” kata Rhoma di kawasan Depok, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Menurut Rhoma Irama, Ridho saat ini sudah benar-benar bersih dari narkoba. Karenanya, dia menilai hukuman penjara sudah tak perlu lagi buat sang putra.


"Dia sudah jera, tidak gunakan lagi, sudah sembuh. Tapi dia ditarik lagi ke penjara. Nah, sekarang falsafah dan logika hukumnya dimana? Itu yang saya nggak ngerti," ujar dia.

Ridho Rhoma ditangkap unit narkoba Polres Metro Jakarta Barat pada 25 Maret 2017 karena memiliki sabu seberat 0,7 gram. Bintang film Dawai 2 Asmara itu kemudian divonis selama 10 bulan penjara dan masa hukumannya dijalani dengan menjalankan rehabilitasi narkoba di RSKO Cibubur selama 6 bulan 10 hari.

Jaksa kemudian mengajukan banding atas keputusan tersebut, tapi ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Belum menyerah, jaksa ajukan kasasi ke MA dan dikabulkan. Dalam putusannya, MA memperberat hukuman Ridho Rhoma jadi 1,5 tahun penjara.

Suara.com/Wahyu Tri Laksono

Terkait

Load more