Rabu, 03 Juni 2020

Dituduh Lakukan Eksploitasi Anak, Tyas Mirasih Meradang

Waduh, neneknya datang lagi-datang lagi.

Tinwarotul Fatonah | Uni Irmagani
cloud_download Baca offline
Artis Tyas Mirasih. [suara.com]
Artis Tyas Mirasih. [suara.com]

Matamata.com - Permasalahan antara Tyas Mirasih dengan nenek Amandine Cattleya, Maryke Harris Pohu, rupanya masih berlanjut. Kasus ini bermula dari Maryke yang menuduh Tyas Mirasih menculik Amandine.

Lama kasus tersebut tenggelam, kini Maryke muncul dengan permasalahan baru. Maryke Harris Pohu kembali melaporkan Tyas Mirasih ke polisi.

Gagal dengan tuduhan penculikan, Maryke Harris Pohu melapor atas tuduhan eksploitasi anak. Tyas Mirasih diduga memanfaatkan Amandine Cattleya menjadi model endorse.

"Kami mendunga ini satu peristiwa yang berkesinambungan. Di mana kami kemarin sudah melaporkan saudara TM dengan pasal 332 KUHP tentang membawa pergi anak perempuan dengan ancaman 7 tahun penjara," kata Sunan Kalijaga, kuasa hukum Maryke usai membuat laporan.


Laporan tersebut dibuat dengan sebelumnya melakukan pengumpulan bukti-bukti. Pihak Maryke Harris Pohu mengaku menemukan akun Instagram atas nama Amandine yang dikelola oleh Tyas Mirasih.

Tyas Mirasih dilaporkan nenek Amandine ke Polda Metro Jaya, Minggu (20/1/2019). [Ismail/Suara.com]
Nenek Amandine melaporkan Tyas Mirasih ke Polda Metro Jaya, Minggu (20/1/2019). [Ismail/Suara.com]

"Kita menemukan akun Instagram Amandine yang dimana usia pada saat 4 tahun tidak bisa memilki akun instgram. Dan di akun instagram itu tertulis bahwa akun ini dijalankan oelh Tyas Mirasih," sambungnya.

Atas dugaan tersebut, Tyas Mirasih mendapat ancaman pidana 10 tahun penjara. Tyas dilaporkan dengan pelanggaran pasal Undang-Undang Perlindungan anak 76 I UU NO 35 2014.

"Ancaman pidananya untuk Tyas 10 tahun penjara terkait eksploitasi anaksecara ekomomi," sambung Irsan gusfrianto kuasa hukum Maryke yang lain.

Tyas Mirasih Meradang

Setelah berita pelaporan itu menyebar, Tyas Mirasih segera tahu dirinya kembali diseret-seret oleh permasalahan lamanya dengan Maryke Harris Pohu. Ia pun geram bukan main. Perempuan berusia 31 tahun ini melampiaskannya lewat postingan InstaStory.

Tyas Mirasih menuntut Maryke Harris Pohu untuk memberikan bukti-bukti atas tuduhan eksploitasi anak. Ia juga menepis tuduhan atas penggunaan hak Amandine dari hasil endorse.

"Apa? Nggak ada berhentinya nih orang? Nggak capek bolak-balik? Laporin terus gue minta bukti apa?! Duit endorse-an, shooting dan dari suami gue udah banyak! Gue nggak perlu pakai Amandine lagi! Sembarangan banget jadi orang!" tulis Tyas Mirasih.

Tyas Mirasih geram atas tuduhan Maryke Harris Pohu. (Instagram/@tyasmirasih)
Tyas Mirasih geram atas tuduhan Maryke Harris Pohu. (Instagram/@tyasmirasih)

Tyas Mirasih kemudian membeberkan fakta mengenai aktivitas endorse Amandine. Ia menyebut jika kegiatan pemotretan endorse tidak pernah mengganggu belajar dan istirahat Amandine.

Menurut Tyas Mirasih pula, keponakannya itu sangat senang diajak foto dengan berbagai gaya. Amandine terlihat senang dan beberapa kalu request gaya foto.

Tyas Mirasih geram atas tuduhan Maryke Harris Pohu. (Instagram/@tyasmirasih)
Tyas Mirasih geram atas tuduhan Maryke Harris Pohu. (Instagram/@tyasmirasih)

Amandine Cattleya merupakan putri dari kakak sepupu Tyas Mirasih yang telah meninggal dunia, Sisilia Supriyadi. Saat kakaknya meninggal, Tyas berjanji untuk mengasuh Amandine.

Namun tiba-tiba Maryke Harris Pohu datang di kehidupan Tyas Mirasih, merasa istri Raiden Soedjono itu ingin menguasai Amandine Cattleya dan tak memberinya celah untuk bertemu sang cucu. Saat ini, Amandine diasuh oleh sepupu Tyas Mirasih yang bernama Seali Syah sejak Desember 2017.

Terkait

Load more