Minggu, 20 Oktober 2019

Disebut Pendobrak Musik Rap di Indonesia, Iwa K Ogah

Apa ya alasan Iwa K ogah disebut pendobrak musik Rap di Indonesia.

Tinwarotul Fatonah
Iwa K (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Iwa K (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Matamata.com - Musisi Iwa K memang identik dengan musik rap. Malah banyak pengamat musik yang menilai musisi 48 tahun itu sebagai pendobrak musik rap di Indonesia.

Mencoba rendah hati, Iwa K menyamakan dirinya sebagai penikmat musik rap saja.

"Gue hanya menikmati aja kok. Gue nggak pernah bikin spanduk, gue pengin berjalan seperti penikmat aja gitu, rasa nikmat gue ke orang-orang," ujar Iwa K, ditemui di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (28/9/2019). 


Iwa K bercerita awal ketertarikannya pada musik rap yang diawali dari breakdance. Saat itu, Iwa baru duduk di bangku sekolah SMP, sekitar tahun 1983.

"Dimulai pas gue SMP tahun 1983-1984, gue seneng Hetpins. Makanya breakdacne itu musiknya yang mengiringi rep ya. Mulai di situ, gue jiplak-jiplak lirik," ungkap Iwa K.

Iwa K (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)
Iwa K (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)

Proses ini kemudian dinikmati Iwa K, mulai dari mendengarkan kaset berulang-ulang. Bahkan ia menyebut tak mudah untuk menjiplak lagu pada masa itu.

"Didengarin kaset diulang-ulang. Paling cepat setengah jam untuk dapat satu lirik penuh gitu. Di situ ngerap lalu ngeband waktu SMA. Tahun 1987 berangkat nge-rap, terus keracunan sampai sekarang," ujar Iwa K. (Revi C Rantung)

Terkait

Load more