Minggu, 20 Oktober 2019

Keluh Kesah Rieka Roslan Tak Dianggap Sebagai Pencipta Lagu

Lagunya banyak menang penghargaan, tapi Rieka Roslan tak pernah diundang.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yuliani
Rieka Roslan (MataMata.com/Yuliani)
Rieka Roslan (MataMata.com/Yuliani)

Matamata.com - Sebagai seorang pencipta lagu di Indonesia, Rieka Roslan mengaku gelisah. Ia sering merasa tak dianggap, meski lagu ciptaannya kerap mendapatkan penghargaan dari ajang musik Tanah Air.

"The Best of Rieka Roslan adalah kesedihan saya, karena sering kali lagu saya dapat award, tapi saya nggak diundang," ujar Rieka Roslan, saat ditemui di perilisan single "Oh Kasih", di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (27/9/2019).

Bukan hanya dirinya, kegelisahan juga dirasakan beberapa komposer lain, sebut saja Dewiq hingga Melly Goeslaw. Apalagi saat melihat fenomena media pun jarang menyebut nama sang pencipta lagu.


"Pialanya dikasih ke penyanyinya, padahal lagu terbaik. Dan itu tidak terjadi pada saya saja. Pada Dewiq, pada Melly juga, TV, Radio, media cetak hanya bilang dipopulerkan oleh, tidak mencari tahu siapa penulis lagunya,"  kata Rieka Roslan.

Sebabnya, Rieka Roslan ingin mempopulerkan lagu-lagunya dengan namanya. Bahwa tak mungkin diva terlahir tanpa jasa penulis lagunya.

"The Best of Rieka Roslan ini saya angkat supaya semua sadar bahwa penyanyi itu tidak akan menjadi Diva, Divo atau apa kalau nggak ada lagu yang bagus," jelas pencipta lagu "Cobalah Untuk Setia", yang dinyanyikan Krisdayanti.

Nantinya, album The Best of Rieka Roslan ini berisi lagu-lagu terbaik ciptaannya yang akan dipopulerkan kembali. Uniknya, Rieka tak menggaet penyanyi yang mempopulerkan lagunya, melainkan menggandeng penyanyi muda dengan aransemen baru.

Rieka Roslan dan Tiwi eks T2 [Yuliani/Suara.com]
Rieka Roslan dan Tiwi eks T2 [Yuliani/Suara.com]

"Ada sama beberapa (selain sama Tiwi), 'Dahulu' bakal di -remake juga, 'Khayalan' juga, 'Cobalah Untuk Setia' juga, 'Izinkan Juga', 'Bawalah Daku' juga. Semua yang saya ciptakan karena agenda saya pengin mengangkat tentang song writer," imbuhnya.

Rencananya, Rieka Roslan akan menelurkan album tersebut dari single per single. Untuk single pertamanya, ia menggaet Tiwi eks T2 duet bersama bawakan hits "Oh Kasih" yang dipopulerkan oleh Shanty.

Terkait

Load more