cancel
Jum'at, 18 September 2020

Buat Hati Remuk! 8 Seleb Korea Diduga Meninggal karena Bunuh Diri

Kepergian Sulli dan Goo Hara menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan penggemar.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Sulli dan Goo Hara (Koreaboo)
Sulli dan Goo Hara (Koreaboo)

Matamata.com - Kabar duka menyelimuti industri hiburan Korea Selatan diduga karena kasus bunuh diri. Dari Sulli hingga Goo Hara, penggemar harus kehilangan sosok idola yang sudah mereka cintai dari debut.

Tak lepas dari ingatan bagaimana dunia K-Pop terguncang saat Sulli memutuskan mengakhiri hidupnya. Belum lama ditinggal Sulli, penggemar juga harus merelakan kepergian Goo Hara untuk selamanya.

Bukan tanpa sebab, mereka mengakhiri hidup karena depresi terhadap masalah pribadi yang dihadapinya.

Tak hanya satu dua, ada 8 seleb Korea yang akhirnya memutukan mengakhiri hidup, kebanyakan karena depresi. 


Ada siapa aja? Intip rangkuman 8 seleb Korea diduga bunuh diri di bawah ini dilansir dari berbagai sumber. 

1. Chae Dong Ha eks SG Wannabe

Chae Dong Ha. (soompi.com)
Chae Dong Ha. (soompi.com)

Chae Dong Ha menjadi salah satu selebriti yang ditemukan meninggal gantung diri pakai dasi di dalam lemari pakaian miliknya. Usai ditinggal manajer untuk selamanya, dia dikabarkan depresi berat dan memutuskan mengakhiri hidup. 

2. U-Nee

UNee. (Youtube/MBCKpop)
UNee. (Youtube/MBCKpop)

Penyanyi sekaligus rapper Korea Selatan U-Nee dikabarkan bunuh diri di usia 26 tahun pada 21 Januari 2007 lalu.

Rapper U-Nee dikabarkan dan nekat melakukan bunuh diri.

3. Sojin trainee KARA

Ahn Sojin. (Youtube/BryanOng)
Ahn Sojin. (Youtube/BryanOng)

Sojin merupakan salah satu anggota dari variety show pencari bakat Kara Project. Jadi sosok leader, Sojin justru diputus kontraknya saat mendekati waktu debut. Hal inilah yang dikabarkan memicunya melakukan tindakan ekstrem. 

Dia ditemukan tewas setelah lompat dari lantai 10 di apartemennya pada 24 Februari 2015 lalu. Sebelum bunuh diri, ia sempat menuliskan pesan untuk sang ibu.

4. Jonghyun SHINee

Jonghyun SHINee (Soompi)
Jonghyun SHINee (Soompi)

Jonghyun SHINee diketahui bunuh diri dari pesan yang didapat oleh kakak kandungnya.

Ternyata, Jonghyun menuliskan pesan terakhir agar kakaknya membenarkan sikapnya. Jonghyun juga mengucapkan selamat berpisah melalui pesan singkat. Kepergian Jonghyun membuat seluruh keluarga, penggemar dan rekan artis berduka. 

5. Sulli eks f (x)

Sulli (Instagram/@jelly_jilli)
Sulli (Instagram/@jelly_jilli)

Idol K-Pop Sulli meninggal dunia pada (14/10/2019) karena bunuh diri di usia ke-25 tahun. SM Entertainment sudah merilis pernyataan resmi mereka tentang meninggalnya sang aktris.

Dilansir Koreaboo, menurut Departemen Pemadam Kebakaran Seongnam, petugas pemadam kebakaran yang dikirim ke apartemen Sulli segera melakukan CPR pada saat kedatangan, tetapi itu sia-sia, karena Sulli sudah tiada.

Setelah itu, pemadam kebakaran telah mengamati area di sekitar apartemennya, dan telah mengambil langkah-langkah keamanan tambahan, sebelum menyerahkan penyelidikan ke unit polisi dan forensik.

Sebelumnya, Sulli ditemukan meninggal pada pukul 15:21 KST di lantai 2 rumahnya oleh manajernya, yang segera menelepon polisi.

6. Goo Hara

Goo Hara. (Instagram/@koohara__)
Goo Hara. (Instagram/@koohara__)

Usai Sulli, kepergian Goo Hara yang merupakan sahabatnya juga jadi pukulan telak industri K-Pop. Kabar meninggalnya Goo Hara pada (24/11/2019) lalu, menjadi duka mendalam para artis maupun pencinta Kpop.

Dilansir dari Soompi, Polisi sendiri sudah memberikan pernyataan terkait meninggalnya eks girl band KARA tersebut.

Komisaris Lee Yong Pyo yang berasal dari Badan Kepolisian Metropolitan Seoul memberikan pernyataan jika menemukan sebuah surat di atas meja ruang tamu.

Pihak kepolisian pun membeberkan kapan terakhir Goo Hara terlihat di CCTV berdasarkan pemeriksaan. Diketahui bahwa Goo Hara ditemukan meninggal oleh pengurus rumah tangganya pada (24/11) sekitar pukul 6 sore.

Goo Hara sendiri memang menderita depresi. Dia pernah melakukan percobaan bunuh diri pada tanggal 26 Mei, namun digagalkan manajernya.

7. Cha In Ha

Cha In Ha (Soompi)
Cha In Ha (Soompi)

Aktor Korea Cha In Ha meninggal dunia pada (3/12/2019). Polisi menyatakan bahwa sang aktor ditemukan tewas di rumahnya. 

Dilahirkan pada tahun 1992, Cha In Ha memulai debutnya pada tahun 2017 melalui film pendek You, Deep Inside of Me dan merupakan aktor kedua Fantagio dari boyband SURPRISE U.

Dia membintangi drama web Miss Independent Jieun 2 dan drama televisi termasuk Degree of Love, Wok of Love, Are You Human, Too?, Clean with Passion for Now, dan The Banker. Drama terbarunya People with Flaws baru tayang perdana pada 27 November 2019. 

8. Jeon Mi Sun

Jeon Mi Sun (Koreaboo)
Jeon Mi Sun (Koreaboo)

Aktris veteran Korea, Jeon Mi Sun ditemukan tewas di kamar mandi hotel pada (29/6/2019). Dilansir dari Soompi, jenazah Jeon Mi Sun pertama kali ditemukan oleh manajernya di kamar mandi hotel di kawasan Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan.

Sang manajer kemudian memanggil pemadam kebakaran pada pukul 11:43 siang. Saat diperiksa, Jeon Mi Sun dinyatakan sudah tak bernyawa.

Pihak kepolisian Jeonbuk mengonfirmasi jika Jeon Mi Sun meninggal dunia akibat bunuh diri. Boas Entertainment selaku agensi sang artis merilis pernyataan resmi kalau sang aktris memang menderita depresi.

Jeon Mi Sun mulai berkarier tahun 1990 lewat peran figuran di film Well, Let's Look at the Sky Sometimes. Kemampuan aktingnya yang mumpuni membuatnya cepat mengambil hati para penikmat film Korea. Terbukti dalam waktu kisaran setahun, Jeon Mi Sun sudah mampu mengantongi peran utama di drama Korea.

Sudah lebih dari 20 film dan 50 drama yang Jeon Mi Sun bintangi. Meskipun terkenal sebagai aktris pendukung dalam film dan serial televisi seperti Memories of Murder (2003), Moon Embracing the Sun (2012) dan Hide and Seek (2013), Jeon Mi Sun juga memainkan peran utama dalam Love Is a Crazy Thing (2005).

Jeon Mi Sun terutama ikonik dengan peran ibu. Dia menjadi ibu Joy Red Velvet di Great Seducer, ibu Kai EXO di Andante, serta ibu Kim So Hyun di School 2015.

 

Catatan Redaksi: Hidup sering kali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email [email protected] dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Terkait

Load more