Selasa, 14 Juli 2020

Dapat Perlakuan Tak Adil, 3 Fakta Protes Jae DAY6 ke JYP Entertainment

Jae DAY6 curhat dapat perlakuan tak adil, penggemar panas sampai trending.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)
Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)

Matamata.com - Jae DAY6 baru-baru ini mengkritik agensinya, JYP Entertainment, untuk perlakuan tidak adil. Penggemar langsung menunjukkan dukungan untuk Jae sampai trending Twitter.

Pada tanggal 29 Juni, Jae menanggapi pembaruan akun Twitter resmi DAY6, menanyakan mengapa JYP Entertainment mempromosikan kegiatan solo sesama anggota Young K (podcast, konten YouTube, dll) tetapi bukan miliknya.

Meski kedua belah pihak sudah mengatakan ini kesalahpahaman semata, netizen sudah terlanjur panas.

Berikut 3 fakta protes Jae DAY6 ke JYP Entertainment dilansir dari Soompi dan Koreaboo.


1. Protes Jae DAY6

Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)
Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)

Pada tanggal 29 Juni, Jae DAY6 protes pada JYP Entertainment karena tidak memberinya perlakuan yang sama. Dalam serangkaian tweet, ia bertanya mengapa agensi mempromosikan kegiatan solo Young K tetapi tidak miliknya.

"Baru-baru ini saya telah membuat podcast," cuitnya dilansir Koreaboo. "Saya sudah melakukan podcast HWAITING di Facebook dan melakukan collab dengan 88rising, mengapa kegiatan saya tidak dibagikan?"

Jae juga mengungkapkan bahwa JYP Entertainment memaksanya untuk menghentikan saluran YouTube JaeSix di mana dia harus memohon-mohon untuk dibuka kembali.

"Di YouTube juga, itu semua saya, melakukan pekerjaan sendiri untuk JaeSix. Perusahaan mengatakan banyak hal tentang itu, dan saya harus meminta izin untuk melakukannya. Bahkan setelah semua itu, mereka berkata 'orang-orang di dalam perusahaan tidak menyetujuinya' dan jadi saya harus menghentikannya. Mengapa anggota lain dapat bantuan biaya konten, manajemen untuk jadwal mereka, dan bantuan dari staf?" lanjut Jae.

2. Penggemar Panas

Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)
Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)

Dilansir Koreaboo menurut para penggemar, Jae bukanlah artis JYP Entertainment pertama yang protes terhadap perlakuan tak adil agensi.

Fans mengenang Baek A-Yeon menyebutkan kurangnya promosi yang setara sambil menjelaskan mengapa dia meninggalkan perusahaan.

Selain itu, penggemar mengkritik perilaku lain yang mereka anggap bermasalah, seperti BamBam GOT7 yang tidak diberikan izin untuk membuka saluran YouTube dan kurangnya tindakan hukum yang dilaporkan diambil untuk melindungi Tzuyu TWICE serta Stray Kids dari pelecehan.

3. Respons JYP Entertainment dan Permintaan Maaf Jae DAY6

Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)
Jae DAY6 (Instagram/@eajpark)

Pada 30 Juni, JYP Entertainment buka suara terhadap masalah ini dan menyatakan bahwa "kesalahpahaman" telah diselesaikan.

"Kami telah menyelesaikan kesalahpahaman antara perusahaan dan member melalui dialog. Kami akan berhati-hati dan berusaha mencegah hal ini terjadi di masa depan," kata JYP Entertainment.

Jae juga telah merilis pernyataan tindak lanjut, meminta maaf kepada My Days karena membuat mereka khawatir.

"Saya baru berbicara dengan agen saya lagi, dan sepertinya ada banyak kesalahpahaman. Saya ingin meminta maaf secara pribadi melalui postingan ini karena membuat kalian khawatir. Apa yang ingin saya ungkapkan adalah masalah pribadi antara saya dan agensi saya, dan itu tidak ada hubungannya dengan anggota lainnya. Saya tidak memikirkan bagian itu. Saya minta maaf kepada My Days karena membuat kalian khawatir dengan pandangan picik saya," tulis Jae.

Meskipun masalah ini diselesaikan untuk Jae, penggemar sekarang menuntut perlakuan yang adil untuk semua artis JYP Entertainment yang memiliki pengalaman serupa. Bagaimana menurutmu?

Terkait

Load more