Jum'at, 10 Juli 2020

Profil Jang Hansol, YouTuber Korea yang Viralkan Video ABK Dibuang ke Laut

Video terjemahan Jang Hansol dari stasiun berita MBC menggerkan publik Indonesia sampai trending nomor satu YouTube.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Jang Hansol (Instagram/@hansoljang110)
Jang Hansol (Instagram/@hansoljang110)

Matamata.com - Netizen Indonesia baru-baru ini dikejutkan dengan berita yang dibawa oleh Jang Hansol, YouTuber Korea yang populer di Indonesia. Lewat channel YouTube-nya, Korea Reomit, Jang Hansol berbagi cerita tentang sejumlah anak buah kapal atau ABK Indonesia yang mendapatkan perlakuan tak manusiawi di kapal nelayan berbendera China.

Dalam video itu Hansol menceritakan ulang berita dari stasiun TV MBC yang tengah heboh di Korea Selatan. Videonya yang berjudul “Berita Trending di Korea yang Bakal Bikin Orang Indonesia Ngamuk!” itu sudah jadi trending YouTube nomor 1 sejak ditayangkan kemarin (6/5/2020).

Jang Hansol (YouTube/Korea Reomit)
Jang Hansol (YouTube/Korea Reomit)

Hansol membantu menerjemahkan tayangan berita MBC News soal video jenazah ABK Indonesia dibuang ke laut itu selama kurang lebih 14 menit.

"Ini bukan berita yang menyenangkan, tapi menyedihkan. Berita kali ini dibawa oleh satu Channel TV namanya MBC. Kalau dari judulnya, 'Ekslusif Kerja Satu Hari 18 jam dan Kalau Meninggal Akibat Penyakit Langsung Dibuang di Pantai," buka Hansol dalam tayangan YouTube-nya.


MBC diungkap Hansol berhasil mendapatkan informasi ini karena kebetulan kapal berbendera China tersebut mampir di pelabuhan Busan. Dan waktu itu orang-orang Indonesia di sana meminta bantuan pada pemerintah Korea.

Jang Hansol (YouTube/Korea Reomit)
Jang Hansol (YouTube/Korea Reomit)

Lalu siapa sih Jang Hansol ini? Kenapa dia bisa fasih sekali berbahasa Indonesia dan punya logat Jawa yang medok padahal orang Korea?

Dilansir dari berbagai sumber, Jang Hansol memang lahir di Daegu, Korea Selatan, pada 8 Mei 1994. Namun dia dan dua kakak perempuannya diboyong ayah dan ibunya ke Kota Malang, Jawa Timur sejak usianya 4 tahun.

Selama 16 tahun tinggal di Indonesia, budaya Tanah Air begitu melekat di diri Hansol. Bahkan meski sekarang sudah kembali ke Korea, logat Jawanya masih medok yang membuatnya punya banyak fans di Indonesia.

YouTuber medok ini juga pernah diundang ke acara Korea Indonesia Meet Up waktu Presiden Jokowi berkunjung Ke Korea Selatan. Dia juga pernah membantu tim Running Man, yakni Lee Kwang So dkk saat syuting di Yogyakarta lho.

Jang Hansol (Instagram/@hansoljang110)
Jang Hansol (Instagram/@hansoljang110)

Kerennya lagi dia juga ikut peduli pada Indonesia dalam melawan penyebaran virus corona. Lewat jejaring media sosialnya, Jang Hangsol mengaku ikhlas dan senang dapat membantu puluhan juta rupiah bagi warga Indonesia yang rentan terpapar virus tersebut.

"Indonesia bebas Corona! Rp 50.000.000 aku donasikan melalui kitabisa.com untuk teman-teman Indonesia yang masih lebih membutuhkan," ujar pria yang pernah tinggal di Malang, Jawa Timur ini.

"Bolo-bolo uang ini bukan nominal yang kecil buat aku, tetapi aku merasa uang ini jauh lebih berarti ketika aku bagikan kepada teman-teman yang lebih membutuhkan daripada aku saat ini," papar Jang Hansol.

YouTuber Korea Jang Hansol Beri Donasi Lawan Corona (Instagram/@hansoljang110)
YouTuber Korea Jang Hansol Beri Donasi Lawan Corona (Instagram/@hansoljang110)

Jang Hansol juga tak lupa mengajak follower-nya untuk ikut membantu masyarakat dalam mencegah COVID-19. Fyi, Hansol memang memanggil penggemarnya dengan sebutan bolo-bolo nih.

Itu dia profil Jang Hansol. Lalu bagaimana menurutmu soal video jenazah ABK Indonesia dibuang ke laut yang dipaparkan Jang Hansol?

Terkait

Load more