Kamis, 09 April 2020

Bolak-Balik Ngilang di MAMA 2019, Jihyo TWICE Akui Alami Gangguan Kecemasan

Pernyataan Jihyo TWICE soal bolak-balik ngilang di Mnet Asian Music Awards 2019 sempat tuai kritikan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Jihyo TWICE (Instagram/@twicetagram)
Jihyo TWICE (Instagram/@twicetagram)

Matamata.com - Pada pagi hari tanggal 7 Januari KST, Jihyo TWICE memposting surat kepada ONCE untuk menjelaskan komentarnya yang terbaru saat obrolan V Live. Komentar itu menanggapi pertanyaan tentang mengapa dia sering ngilang pada Mnet Asian Music Awards 2019 (MAMA 2019), dan pilihan kata-katanya (oong-aeng-oong, khususnya) menimbulkan kritik dari beberapa netizen.

"Saya mengatakan ini karena para pencari perhatian terus [menangis tentang hal itu/mengatakan omong kosong] (oong-aeng-oong), tetapi saya sedang tidak sehat. Anda pasti bersenang-senang karena ada sesuatu untuk digunjing, tapi saya minta maaf. Saya tidak bisa apa-apa karena saya memang tidak enak badan," katanya saat itu seperti dilansir dari Soompi. 

Ketika netizen mulai berdebat apakah kata-katanya kasar atau tidak, Jihyo memutuskan untuk menjelaskannya sendiri. Dalam sebuah surat kepada ONCE yang diposting di fan cafe resmi TWICE, Jihyo meminta maaf atas apa yang dia katakan dan menjelaskan bahwa dia telah mengalami kesulitan sejak awal tahun lalu.

Jihyo TWICE (Instagram/@jihyojyptw)
Jihyo TWICE (Instagram/@jihyojyptw)

Dilansir Koreaboo, Jihyo pertama kali berbicara tentang bagaimana rasa takutnya terhadap orang-orang mulai tumbuh pada bulan Maret 2018. Selama waktu itu, dia dituduh terlibat dalam skandal cam seks ilegal Jung Joon Young.


"Setelah rumor konyol tentang saya beredar bulan Maret lalu, saya pikir ketakutan saya bertemu orang-orang mulai tumbuh.

Bahkan ketika saya menangis di bandara adalah karena teror besar yang saya rasakan terhadap orang-orang yang mengambil foto saya, memandang saya, dan berteriak kepada saya. Saya merasa sangat takut tentang bagaimana orang-orang ini akan berpikir tentang saya dan pola pikir seperti apa yang mereka miliki saat menatap saya," kata Jihyo.

Kang Daniel dan Jihyo TWICE (Soompi)
Kang Daniel dan Jihyo TWICE (Soompi)

Lalu saat berita kencannya dengan Kang Daniel dirilis hanya beberapa bulan kemudian, dia harus menerima bantuan medis untuk kegelisahannya, depresi dan ketakutan yang semakin besar.

"Dan pada bulan Agustus, kehidupan pribadi saya terungkap. Desas-desus tak berdasar mulai beredar dan semua perasaan negatif seperti kecemasan, depresi, dan rasa takut tumbuh sangat besar. Menjadi sulit bagi saya untuk berdiri di depan orang, mengatakan sepatah kata pun, atau bahkan tampil.

Ketakutan saya mulai terlalu besar sehingga saya harus pergi ke rumah sakit selama tur kami. Saya menerima konsultasi dan pengobatan, tetapi mereka tidak banyak membantu saya," lanjutnya.

Jihyo melanjutkan kalau depresi itu telah meningkat sejak dia debut. Namun, dia terpaksa menghadapi komentator jahat tetapi tidak bisa berbuat apa-apa.

"Selama waktu yang saya sebutkan, bahkan sejak saya debut, saya menghadapi banyak sekali orang yang berbicara buruk tentang saya, mengejek saya, dan memaki saya. Saya sangat tersinggung dan marah, tetapi saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, saya memiliki karir untuk dilanjutkan, dan saya memiliki penggemar saya, jadi saya tidak melakukan apa-apa," tambahnya.

Jihyo TWICE (Instagram/@twicetagram)
Jihyo TWICE (Instagram/@twicetagram)

Dia berharap bahwa terlepas dari apa yang orang pikirkan tentang postingannya sebelumnya, ONCE akan mengerti bahwa dia menghargai mereka dan berharap akan selalu jujur dan terbuka dengan penggemarnya.

"Tidak ada niat saya mendekati ONCE dengan apapun kecuali ketulusan. Tidak pernah ada saat ONCE tidak berharga bagi saya. Tidak pernah ada waktu saya berhenti khawatir tentang ONCE, dan saya benar-benar tulus kemarin juga.

Yang paling saya sesali adalah bahwa saya tahu betul bahwa tim kami dan ONCE menghadapi masa yang sangat sulit saat ini. Jadi saya sangat menyesal berbicara melalui emosi saya kemarin," katanya lagi.

Jihyo TWICE (Soompi)
Jihyo TWICE (Soompi)

Jihyo menutup pernyataannya dengan kalimat walaupun masa yang lebih bergejolak akan datang dalam karirnya, tetapi dia hanya berharap bahwa TWICE dan ONCE akan dapat bertahan dan melindungi kebahagiaan serta cinta mereka.

"Saya yakin bahwa karena saya seorang selebriti dan idola, akan ada banyak masalah dan desas-desus muncul karena berbagai alasan, tetapi saya tidak ingin kita kehilangan kebahagiaan, kegembiraan, dan senyum cerah kita karena hal lain.

Saya minta maaf karena membuat Anda khawatir, dan terima kasih, ONCE," tutup Jihyo.

Semangat Jihyo TWICE.

Terkait

Load more