cancel
Selasa, 22 September 2020

Kaleidoskop: 10 Drama Korea Terbaik 2019, Wajib Tonton!

Kepoin drama Korea terbaik 2019 versi MataMata.com, kamu sudah nonton belum?

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Kaleidoskop 2019: Drama Korea Terbaik 2019 (MataMata.com)
Kaleidoskop 2019: Drama Korea Terbaik 2019 (MataMata.com)

Matamata.com - Jelang 2020, kini saaatnya kita merilis drama Korea terbaik yang tayang sepanjang 2019. Menilik dari kemampuan handal para cast dan jalan cerita yang meliuk-liuk sempurna, 10 drama Korea di bawah ini sukses meraih rating memuaskan dan menyedot atensi penggemar luar biasa besar.

Terlepas dari urutan yang mana yang paling baik, kesepuluh drama ini punya keunikan masing-masing yang mampu membuatmu enggan berpaling dari layar. Rugi banget kalau 10 drama Korea ini tidak jadi list tontonanmu.

Berikut 10 drama Korea terbaik 2019 versi MataMata.com. Cekidot!

1. Sky Castle


Sky Castle (Soompi)
Sky Castle (Soompi)

Ada banyak drama tentang siswa sekolah menengah, tapi hanya sedikit yang mengatasi beban siswa Korea dengan cara yang menarik seperti Sky Castle.

Drama ini menempatkan beberapa keluarga kaya di bawah mikroskop, mengungkapkan semua fasad dan skema rumit yang mereka bangun untuk memastikan mereka tidak pernah kehilangan muka dengan mengharuskan anak-anak mereka masuk ke salah satu universitas paling bergengsi

Sementara banyak dari kita mungkin jauh dari dunia para elit, kamu tidak perlu menjadi kaya untuk memahami bagaimana terperangkapnya karakter dalam "SKY Castle", budak kehidupan materialistis dan megah di mana di bawah hampir setiap tindakan terletak sebuah motif tersembunyi.

Nggak heran, meski tayang di TV kabel, JTBC, drama ini meraih rating tertinggi yakni 23,8 persen. Sky Castle tayang sebanyak 20 episode mulai dari 23 November 2019 sampai 1 Februari 2019.

2. Arthdal Chronicles

Arthdal Chronicles Part 3 (Soompi)
Arthdal Chronicles Part 3 (Soompi)

Bulan Juni lalu dibuka oleh penampilan epik Song Joong Ki. Arthdal Chronicles merupakan drama comeback Song Joong Ki usai menikah hingga resmi bercerai.

Arthdal Chronicles bertempat di kota mitos Arthdal, ibu kota kerajaan Gojoseon. Ini menceritakan kisah para pahlawan yang membuat legenda mereka sendiri di tanah kuno yang disebut Arth.

Song Joong Ki memerankan Eun Seom, putra bangsawan Asahon (Choo Ja Hyun) dan anggota suku Wahan. Kim Ji Won akan memerankan Tan Ya, penjaga dan dukun suku Wahan. Sementara itu, Jang Dong Gun akan memainkan peran Ta Gon, putra seorang pemimpin suku.

Drama ini terdiri dari 18 episode yang dibagi menjadi 3 bagian. Tayang dari 1 Juni hingga 22 September, Arthdal Chronicles meraih rating hingga 7,3 persen di tvN.

3. Vagabond

Vagabond (Soompi)
Vagabond (Soompi)

Vagabond adalah drama reuni yang mempertemukan Suzy dan Lee Seung Gi usai Gu Family Book tahun 2013 lalu.

Vagabond adalah drama mata-mata yang menceritakan tentang seorang pria yang mengungkap kebenaran gelap dan korupsi tersembunyi di balik kecelakaan pesawat misterius.

Lee Seung Gi memainkan peran Cha Dal Gun, seorang stuntman yang mengagumi Jackie Chan dan mimpi mendominasi industri film aksi. Suzy akan membintangi drama sebagai Go Hae Ri, seorang agen rahasia yang bekerja menyamar untuk Kedutaan Besar Korea di Maroko.

Keduanya secara tak terduga dipertemukan setelah sebuah kecelakaan pesawat, dan mereka bersatu untuk mengungkap kebenaran tersembunyi.

Drama ini mendapatkan rating final sebesar 13 persen, serta ditayangkan sebanyak 16 episode mulai 20 September hingga 23 November 2019.

4. When The Camellia Blooms

When The Camellia Blooms (Instagram/@kbsdrama)
When The Camellia Blooms (Instagram/@kbsdrama)

When The Camellia Blooms disebut-sebut sebagai pencerah rating nasional yang sempat suram. Konflik dalam ceritanya yang begitu relate dengan kehidupan nyata diganjar rating tinggi mencapai 23,8 persen.

When The Camellia Blooms tayang sebanyak 40 episode dari tanggal 18 September hingga 21 November 2019.

Gong Hyo Jin yang kembali sebagai ratu komedi romantis mengambil peran Dong Baek yang cantik, yang belum pernah benar-benar dicintai sebelumnya tetapi siapa pun pasti jatuh cinta begitu mereka mengenalnya. Kang Ha Neul berperan sebagai Hwang Yong Shik, seorang pria yang polos dan sederhana, tetapi begitu dia menemukan seseorang yang dia minati, dia tidak bisa menahan diri.

Bergabung dengan mereka adalah Kim Ji Suk sebagai pemain bisbol terkenal bernama Kang Jong Ryul. Dia punya istri seorang influencer media sosial bernama Jessica, yang diperankan oleh Ji Yi Soo.

Oh Jung Se akan memerankan ahli kacamata Noh Gyu Tae dan Uhm Hye Ran akan menjadi istri dan pengacaranya Hong Ja Young. Son Dam Bi akan mengambil peran Hyang Mi, seorang pekerja paruh waktu yang dipekerjakan oleh Dong Baek dan membawa energi positif kepada orang-orang di sekitarnya.

5. Hotel Del Luna

Hotel Del Luna (Instagram)
Hotel Del Luna (Instagram)

Bergenre romantis, horor, dan fantasi, Hotel Del Luna menceritakan kisah seorang pengusaha hotel elit bernama Goo Chan Sung (diperankan oleh Yeo Jin Goo) yang akhirnya menjalankan hotel berhantu. Hotel berhantu ini dimiliki oleh Jang Man Wol (diperankan oleh IU) yang cantik tapi pemarah. Jang Man Wol ini hidup di bawah kutukan sebagai hukuman atas kesalahan masa lalunya.

Ngeri-ngeri sedap, drama ini sukses menarik atensi penonton hingga mencapai rating 12 persen untuk episode terakhirnya.

6. Search: WWW

WWW (Instagram/@tvndrama.official)
WWW (Instagram/@tvndrama.official)

Search: WWW adalah drama romantis yang mengisahkan kehidupan cinta dari tiga wanita karier yang bekerja di perusahaan mesin pencari teratas Korea. Ini merupakan drama comeback Im Soo Jung setelah 2 tahun.

Im Soo Jung akan berperan sebagai Bae Ta Mi, seorang manajer strategis di situs portal Korea No.1 Unicorn. Sementara Jang Ki Yong akan berperan sebagai Park Mo Gun, seorang komposer jenius.

Drama ini romantis ini sukses membuat penonton terhanyut dengan kecerdasan dan chemistry para pemainnya hingga diganjar rating tinggi sebanyak 4 persen untuk episode terakhirnya.

7. The Fiery Priest

The Fiery Priest (Soompi)
The Fiery Priest (Soompi)

The Fiery Priest menceritakan kisah tentang pendeta pemarah dan detektif lemah yang bergabung untuk menyelesaikan kasus pembunuhan seorang pendeta tua. Drama ini ditulis oleh penulis Park Jae Bum yang menulis drama seperti Chief Kim dan Good Doctor, dan disutradarai oleh Lee Myung Woo yang mengarahkan drama seperti Whisper dan Punch.

Kim Nam Gil memerankan pendeta Katolik Kim Hae Il, yang memiliki Gangguan Rasa Marah, Gangguan Obsesif-Kompulsif, dan Gangguan Paska-Trauma Pahit. Cara bicaranya yang sinis dan pesimistis biasanya membuat orang-orang di sekitarnya mati rasa. Namun, keterampilan analitis, wawasan, dan penilaiannya terhadap sesama manusia sangat tajam dan akurat.

Kim Hae Il sebenarnya adalah agen khusus top pemerintah. Dia berada di tim pasukan khusus anti-terorisme dari National Intelligence Service 10 tahun yang lalu.

Kim Sung Kyun akan berperan sebagai Goo Dae Young, seorang detektif yang bekerja di Departemen Kejahatan Kekerasan Kantor Polisi Gudam. Dia tidak ingin terlihat lemah, jadi dia suka menggertak.

Goo Dae Young adalah pria yang berhati lembut yang suka nangis. Meski dulunya tegas, dia menjadi pengecut setelah rekannya meninggal tiga tahun lalu.

Honey Lee akan berperan sebagai jaksa Park Kyung Sun di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Dia terkenal patuh, cantik dan pintar.

Lucu, cerdas, dan bikin penasaran, The Fiery Priest sukses mengantongi rating tinggi untuk episode final sebesar 22 persen.

8. Kingdom

Kingdom (Soompi)
Kingdom (Soompi)

Kingdom adalah K-Drama garapan penulis Signal yang bisa disaksikan di situs Netflix sejak 25 Januari 2019 lalu.

Kingdom adalah drama thriller misteri berjumlah 6 episode dengan latar era Joseon. Bersetting di era kerajaan, Kingdom berkisah tentang seorang pangeran yang mencoba menyelamatkan orang-orang dari epidemi atau wabah zombie yang mewabah di istana dan sekitarnya.

Antisipasi untuk musim kedua segera meroket karena kengerian klimaks yang ditayangkan di akhir season pertama. Seri ini telah menyelesaikan syuting untuk musim kedua, yang akan tayang perdana pada tahun 2020.

9. Chief of Staff 1 dan 2

Chief of Staff (Soompi)
Chief of Staff (Soompi)

Drama yang tayang perdana pada 14 Juni 2019 ini bercerita tentang para politisi dan menunjukkan persaingan licik dan berbahaya yang terjadi jauh dari mata publik. Chief of Staff dibintangi Lee Jung Jae, Shin Min Ah, Jung Jin Young, Kim Kap Soo, Jung Woong In, Lee Elijah, dan Kim Dong Jun. Mereka menerima banyak pujian karena penggambaran realistisnya tentang politik.

Banyak pemirsa menyatakan kekecewaannya bahwa drama itu berakhir hanya dalam 10 episode. Nggak heran, Chief of Staff 2 yang tayang bulan November 2019 langsung dibanjiri antusiasme tinggi yang berakhir dengan rating memuaskan 5,3 persen.

10. Romance is a Bonus Book

Romance Supplement (tvN) (Soompi)
Romance Supplement (tvN) (Soompi)

Romance is a Bonus Book atau Romance Supplement mengambil setting di sebuah perusahaan penerbitan dan menceritakan kisah hangat dari mereka yang membuat buku. Antisipasi pemirsa terhadap drama ini cukup tinggi karena ini akan menjadi drama comeback Lee Na Young dalam sembilan tahun dan drama terakhir Lee Jong Suk sebelum wamil.

Kang Dan Yi adalah copywriter yang berbakat dan terkenal tetapi sering diabaikan. Cha Eun Ho adalah pemimpin redaksi termuda dari perusahaan penerbitan Gyeo Ru dan seorang idola dunia sastra. Benih-benih cinta mulai tumbuh saat Kang Dan Yi mencoba mendapatkan kesempatan kedua dalam kariernya.

Drama ini sangat puitis dan manis karena banyak mengutip kalimat dari buku-buku terkenal. Nggak heran ratingnya mencapai 6,6 persen untuk episode terakhir.

Mana nih drama Korea terbaik 2019 favoritmu?

Terkait

Load more