Sabtu, 24 Agustus 2019

Deretan Skandal Member BIGBANG, Narkoba Hingga Prostitusi

Siapkan hatimu sekali lagi untuk membuka lembaran kelam para personel BIGBANG.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
BIGBANG (Instagram/@bigbang_official)
BIGBANG (Instagram/@bigbang_official)

Matamata.com - Dengan skandal Seungri mengambil alih portal berita, baik di Korea dan di seluruh dunia, banyak penggemar K-Pop menengok kembali skandal member BIGBANG, minus Taeyang. Mengingat BIGBANG adalah salah satu nama terbesar dalam Sejarah K-Pop dengan semua penghargaan mereka, tak heran kalau skandal yang mereka buat teramat sangat membekas di hati penggemar.

Berikut MataMata.com rangkum daftar lengkap skandal anggota BIGBANG dilansir dari Koreaboo. Siapkan hatimu untuk membuka lembaran lama kelam mereka!

1. Daesung BIGBANG: Kecelakaan Mobil, 1 Orang Meninggal

Daesung BIGBANG (Soompi)
Daesung BIGBANG (Soompi)

 


Pada tanggal 31 Mei 2011, Daesung terlibat dalam kecelakaan mobil di Jembatan Yanghwa, di mana ia menabrak pengendara sepeda motor yang dikenal sebagai Tuan Hyun, yang terbaring di tanah karena kecelakaan sebelumnya. Tak lama setelah menabrak Mr. Hyun, Daesung juga menabrak taksi yang ada di dekatnya.

Saat itu taksi berhenti untuk membantu Tuan Hyun yang tidak responsif. YG Entertainment mengumumkan Daesung akan absen dan merefleksikan dirinya dan tindakannya selama penyelidikan.

Mr. Hyun dinyatakan meninggal, dan Daesung dicap sebagai pembunuh. Namun, pada 29 Agustus 2011, Kantor Kejaksaan Seoul memutuskan untuk menolak tuduhan terhadap Daesung, menyatakan bahwa tidak ada cukup bukti bahwa Hyun masih hidup ketika mobil Daesung menabraknya.

Daesung absen sampai 6 November 2011, ketika ia bergabung dengan BIGBANG di MTV Europe Music Awards di Belfast, Irlandia Utara. Kemudian, pada episode 20 Februari 2012 di acara SBS's Healing Camp, dia mengungkapkan bahwa dia bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri selama hiatus.

2. G-Dragon BIGBANG: Ganja, Tarian Intim saat Konser, Perlakuan Khusus Saat Wamil

G-Dragon (Instagram/@bigbang_official)
G-Dragon (Instagram/@bigbang_official)

 

Pada saat yang sama Daesung absen karena kecelakaan mobilnya, anggota BIGBANG yang lain menjadi kontroversi. Pada 5 Oktober 2011, G-Dragon didakwa dengan tuduhan merokok ganja.

Penyelidik menentukan bahwa G-Dragon merokok ganja di Jepang sekitar bulan Mei. Pada 15 Juni, G-Dragon menjadi sasaran tes obat urin, yang hasilnya negatif. Namun, hasil tes obat rambut yang dirilis pada Juli menunjukkan tanda-tanda adanya konsumsi ganja.

Tuduhan terhadap G-Dragon dibatalkan karena berbagai alasan, termasuk fakta bahwa ini adalah pelanggaran pidana pertama G-Dragon, dan bahwa jumlah ganja yang ditemukan dalam sistem tubuhnya sangat kecil.

G-Dragon menghentikan sementara semua promosi setelah skandal ganja untuk merenungkan tindakannya. YG Entertainment juga merilis pernyataan resmi yang menyatakan permintaan maaf kepada semua penggemar BIGBANG.

G-Dragon juga terkena kasus melakukan tarian intim selama konser Shine A Light. Dia dan salah satu penari melakukan tarian intim di tempat tidur, di mana itu dilakukan di depan ribuan penonton yang notabene anak-anak muda. Pertunjukan itu membawa kritik pedas dari publik terhadap G-Dragon, bersikeras bahwa dia sudah keterlaluan.

Kontroversi itu begitu hebat sehingga pemerintah Korea harus melakukan penyelidikan. Ketika penari, Aimee, diwawancarai tentang kejadian itu, dia menegaskan bahwa itu hanyalah momen singkat yang mengangkang untuk pertunjukan dan "bukan masalah besar".

G-Dragon BIGBANG (Soompi)
G-Dragon BIGBANG (Soompi)

 

Sementara itu mulai tahun 2017, G-Dragon dituduh menerima perlakuan khusus terkait dengan pendaftaran militernya. Orang Korea menduga G-Dragon menerima tunjangan khusus karena jumlah waktu ia menunda pendaftarannya. Namun, terbukti bahwa setiap pria Korea dapat menerima mayoritas panjang penundaan militer, dikurangi 90 hari yang ia terima untuk promosi selebriti.

Kurang dari 3 bulan setelah pendaftarannya, G-Dragon dilaporkan dirawat di rumah sakit universitas di Seoul karena cedera yang mengganggu di pergelangan kaki kanannya. YG Entertainment mengumumkan bahwa G-Dragon akan kembali ke pangkalan militer begitu dia pulih dari operasinya.

Namun bahkan setelah dia kembali ke pangkalan militernya, dia terus kembali ke rumah sakit. Dispatch menuduhnya menerima perlakuan khusus dari militer karena statusnya sebagai selebriti terkenal.

Masalah muncul ketika G-Dragon dilaporkan dirawat di rumah sakit di kamar mewah yang besar yang tidak dapat diakses oleh siapa pun di bawah pangkat Kolonel. Pada saat itu, pangkat G-Dragon adalah Private First Class, salah satu pangkat terendah di pasukan.

Perwakilan dari militer berusaha untuk menjernihkan situasi, menyatakan suite mewah tidak ada di Rumah Sakit Angkatan Bersenjata Yangzhou.

G-Dragon juga menerima tuduhan tidak dipromosikan secara normal di militer karena terlalu banyak libur, tetapi seorang pejabat militer mengungkapkan tuduhan ini juga salah.

G-Dragon dijadwalkan keluar dari militer pada 26 Oktober 2019.

3. T.O.P BIGBANG: Narkoba, Overdosis

T.O.P Bigbang/instagram
T.O.P BIGBANG(Instagram)


Pada 31 Mei 2017, ketika dia bertugas di militer, TOP terungkap telah merokok ganja pada Oktober 2016. Sementara dia awalnya menyangkal klaim, mengatakan dia merokok rokok elektronik, dia kemudian mengakui bahwa dia merokok ganja dari sebuah pernyataan melalui YG Entertainment.

Ditemukan juga bahwa T.O.P merokok ganja dengan seorang peserta pelatihan yang kontroversial bernama Han Seo Hee. Para penyelidik menemukan bahwa T.O.P merokok ganja dengannya setidaknya pada 3 kesempatan yang berbeda.

4 hari kemudian, T.O.P menyampaikan permintaan maafnya kepada publik, berbagi penyesalannya atas tindakannya, dan bagaimana dia pantas menerima hukuman apa pun yang diberikan kepadanya.

T.O.P pun mengaku bahwa dia merokok ganja dua kali. Dia didakwa menggunakan ganja 4 kali total: dua kali dalam bentuk cair dan dua kali normal. Dia membantah tuduhan menggunakannya dalam bentuk cair, hanya mengakui menggunakannya secara normal.

Hanya 2 hari setelah pengakuannya, yakni pada 6 Juni 2017, penggemar K-Pop terkejut mengetahui T.O.P dilarikan ke rumah sakit karena overdosis obat. YG Entertainment tidak mengatakan soal overdosis, tapi mengakui kalau T.O.P memang dirawat di rumah sakit.

T.O.P menerima 2 tahun masa percobaan, dengan 10 bulan penjara jika ia melanggar masa percobaan. Di pengadilan, ia membuat pernyataan, menunjukkan penyesalannya.

Karena kontroversi tersebut, dinas militer T.O.P diberhentikan sementara ia menjalani penyelidikan dan persidangan. 117 hari masa wamilnya sebelum skandal ganja masih diakui dan ia memulai kembali dinas militernya pada 26 Januari 2018. T.O.P diharapkan keluar wamil pada 27 Juni 2019.

4. Taeyang BIGBANG: Menikah Cepat

Taeyang BIGBANG dan Min Hyo Rin (Soompi)
Taeyang BIGBANG dan Min Hyo Rin (Soompi)

 

Taeyang dikenal sebagai satu-satunya anggota di BIGBANG yang tidak pernah memiliki skandal negatif. Bahkan, skandal terbesarnya adalah menikah dengan kekasihnya, Min Hyo Rin tanpa pemberitahuan! YG Entertainment mengkonfirmasi pada 18 Desember bahwa keduanya menikah sebelum Taeyang mendaftar di militer.

Pada hari yang sama, Taeyang membagikan suratnya kepada para penggemarnya, secara pribadi mengkonfirmasi pernikahannya dan meminta berkah dari penggemarnya.

Undangan pernikahan mereka diungkapkan oleh Song Baek Kyoung dari 1TYM, yang telah mengenal Taeyang sejak dia di kelas 5.

Pernikahan mereka dihadiri oleh banyak selebriti, termasuk BLACKPINK, WINNER, CL, Sandara Park, Zion.T, dan banyak anggota pemeran dari film Sunny, yang dibintangi Min Hyo Rin. Pernikahan Taeyang dan Min Hyorin dirayakan secara nasional, pada skala yang hanya akan dihasilkan oleh anggota BIGBANG.

5. Seungri eks BIGBANG: Narkoba, Prostitusi, Grup Chat Mesum

Seungri BIGBANG (Soompi)
Seungri BIGBANG (Soompi)

 

Anggota termuda BIGBANG terlibat dalam skandal besar pertamanya pada 13 September 2012 ketika salah satu majalah gosip terbesar di Jepang, Friday, merilis foto-foto eksklusif dan wawancara dengan seorang wanita yang mengaku pernah ditiduri Seungri.

Kurang dari satu minggu kemudian, Seungri terseret dalam skandal lain, melibatkan aktris Jepang Anna Kubo. Keduanya terlihat berpelukan, dan Anna Kubo juga memberi Seungri ciuman. YG Entertainment dengan cepat menyangkal rumor tersebut.

Seungri kembali tersandung skandal yang pada akhir Januari 2019 lalu. Semua berawal dari kasus distribusi narkoba, kekerasan, dan pelecehan seksual yang menyendera Burning Sun di mana Seungri bertindak sebagai Direktur Eksekutif-nya.

Setelah CCTV dirilis pihak Burning Sun minta maaf pada 29 Januari 2019. Disusul YG Entertainment selaku agensi BIGBANG yang menyatakan bahwa Seungri tidak berada di lokasi kejadian. Klub Burning Sun sendiri sudah ditutup pada (17/2/2019) demi investigasi polisi terkait beragam skandal yang menimpanya.

Setelah Burning Sun ditutup, Seungri dituduh menyediakan jasa prostitusi untuk investor asing di sebuah klub daerah Gangnam, Club Arena. Tuduhan ini bermula dari SBS funE memberitakan isi percakapan grup chat KakaoTalk antara Seungri dan tiga orang lainnya.

Pada 10 Maret 2019 polisi mulai menggeledah Club Arena pada jam 11 pagi hingga jam 2 malam waktu Korea. Polisi memperoleh data terkait layanan pendamping seksual kepada investor asing yang dituduhkan pada Seungri. Status Seungri dinaikkan menjadi tersangka.

Seungri, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon (Soompi)
Seungri, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon (Soompi)

 

Seungri juga terlibat dalam skandal grup chat mesum. Dalam grup chat itu terdapat aktivitas bertukar video dan gambar porno sesama anggota grup chat.

Dari penyelidikan lanjutan, terungkap beberapa nama idol K-Pop yang terlibat dalam grup chat mesum di antaranya, Jung Joon Young, Yong Junhyung Highlight, Choi Jong Hoon FTISLAND, dan Lee Jong Hyun CNBLUE.

Sampai saat ini kasus Seungri masih diselidiki polisi. Seungri pamit dari dunia hiburan untuk melindungi kehormatan YG dan BIGBANG.

Terkait

Load more