Selasa, 25 Februari 2020

Deretan Tokoh Sejarah Drama Korea yang Nasibnya Tragis

Duh, nasib mereka gitu amat ya :(

Tinwarotul Fatonah | Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
cloud_download Baca offline
Ha Ji Won dan Ji Chang Wook  (Instagram/@empresski)
Ha Ji Won dan Ji Chang Wook (Instagram/@empresski)

Matamata.com - Korea tidak hanya terkenal dengan musik K-Pop dan drama modern-nya saja. Negeri Gingseng ini juga memiliki deretan drama keren yang berlatar belakang sejarah atau biasa disebut drama sageuk.

Drama ini biasanya mengambil setting di masa lampau atau masa dinasti Joseon. Uniknya lagi kamu nggak cuma dapat kisah cinta yang menarik dari drama jenis ini, melainkan juga kekayaan budaya dan nilai historisnya.

Yup, drama sageuk biasanya dibuat berdasarkan kisah nyata dari para raja atau tokoh ternama di masanya. Banyak dari mereka yang aslinya bernasib tragis lho.

Siapa aja ya?


Yuk kita intip sama-sama! Cekidot!

1. Choi Young - Faith

Choi Young - Faith (Instagram/@mylovekorea)
Choi Young - Faith (Instagram/@mylovekorea)

 

Kalau kamu nonton drama Faith yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Hee Sun, kamu pasti familiar dengan tokoh Choi Young. Dialah tokoh jenderal besar Goryeo yang diperankan oleh Lee Min Ho.

Dia adalah tokoh militer yang jadi panutan oleh para prajuritnya dan jadi orang kepercayaan raja. Sayang, jenderal Choi diasingkan dan dipenggal setelah dikhianati oleh tangan kanannya, Yi Seong Gye. Yi Seong Gye sendiri akhirnya melakukan kudeta terhadap pemerintahan.

2. Ratu Seon Deok - The Great Queen Seon Deok

Ratu Seon Deok - The Great Queen Seon Deok   (Instagram/@sageuk_koreandrama)
Ratu Seon Deok - The Great Queen Seon Deok (Instagram/@sageuk_koreandrama)


Salah satu drama sageuk terpopuler sepanjang masa ini mengangkat tokoh sejarah Korea yang penting pada masanya. Dialah Ratu Seon Deok yang tercatat sebagai penguasa wanita pertama dari Dinasti Silla.

Lahir dengan nama Putri Deokman, ia diangkat sebagai pewaris tahta karena ayahnya tak punya anak lelaki. Di bawah pemerintahan Ratu Seon Deok, Silla berkembang pesat sebagai pusat kesenian, kebudayaan dan sastra.

Sayangnya pemerintahan sang ratu juga diwarnai oleh pemberontakan. Salah satu kudeta terbesar yang mengancam nyawanya dilakukan oleh Bidam.

Drama ini meraih rating yang tinggi saat tayang di Korea tahun 2009 lalu. Ratu Seon Deok diperankan oleh Lee Yo Won, sedangkan Bidam oleh Kim Nam Gil.

3. Choe Suk Bin - Dong Yi

 Choe Suk Bin - Dong Yi  (Instagram/@hanhyojoo2222)
Choe Suk Bin - Dong Yi (Instagram/@hanhyojoo2222)

 

Bisa dibilang Dong Yi adalah salah satu drama fenomenal yang mengukuhkan nama Han Hyoo Joo sebagai artis besar Korea. Di sini dia berperan sebagai Choe Suk Bin, dayang yang diangkat jadi selir kesayangan raja.

Choe Suk Bin berasal dari keluarga berkasta sosial terendah di Dinasti Joseon. Dia bekerja di istana sebagai pelayan. Raja jatuh cinta padanya dan dia diangkat jadi selir kerajaan.

Setelah diangkat jadi selir, Suk Bin mulai membantu Ratu Inhyeon untuk merebut kekuasaan dari selir licik Jang Hui Bin. Dari rahim Suk Bin lah kelak lahir Pangeran Yeoning, salah satu raja terbesar dalam sejarah Korea.

4. Jang Hui Bin - Jang Ok Jung: Living by Love

Jang Hui Bin - Jang Ok Jung: Living by Love  (Instagram/@im_stellar_)
Jang Hui Bin - Jang Ok Jung: Living by Love (Instagram/@im_stellar_)

 

Kim Tae Hee terlihat memukau saat memerankan Jang Hui Bin. Pasalnya Jang Hui Bin memang disebut-sebut sebagai salah satu wanita tercantik era Joseon.

Dialah dayang yang awalnya berhasil mengalahkan Ratu Inhyeon hingga naik tahta menjadi selir dan akhirnya menjadi ratu kesayangan Raja Sukjong. Namun pada akhirnya Jang Hui Bin harus turun tahta dan ia tewas dalam eksekusi yang dilakukan anak buah Raja Suk Jong sendiri.

Di drama ini Raja Suk Jong diperankan oleh Yoo Ah In.

5. Maharani Ki - Empress Ki

Maharani Ki - Empress Ki  (Instagram/@empresski)
Maharani Ki - Empress Ki (Instagram/@empresski)

 

Empress Ki juga termasuk drama Korea berating tinggi tahun 2014 lalu. Drama ini juga mengantongi nama besar Ha Ji Won, Ji Chang Wook, Joo Jin Mo dan Baek Jin Hee.

Maharani Ki atau Ki Seung Nyang (Ha Ji Won) lahir di Goryeo tapi dijual ke Mongolia sebagai upeti untuk Raja Toghon Temur (Ji Chang Wook). Dalam waktu singkat, ia menjadi kesayangan raja dan naik tahta menjadi permaisuri.

Pemilihannya sebagai permaisuri memicu kontroversi karena dia bukan berasal dari Mongolia. Pemberontakan yang terjadi setelahnya tidak hanya mengancam tahtanya, tapi juga hidupnya.

Duh, tragis banget kan nasib para tokoh sejarah Korea ini?

Terkait

Load more