Dangdut

Bukan Benda Keramat, Rhoma Irama Utamakan Amalan Salat

"Apakah ada amalan yang lebih hebat dari salat?" kata Rhoma Irama.

Tinwarotul Fatonah

Rhoma Irama (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Rhoma Irama (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Matamata.com - Rhoma Irama dikenal sebagai salah satu figur yang tangguh, meski dihantam berbagai cobaan. Hal ini membuat Ustaz Das'ad Latif penasaran dengan amalan yang dikerjakan Raja Dangdut ini.

Lewat podcast di YouTubenya 16 Agustus lalu,  Ustaz Das'ad Latif bertanya soal amalan yang dijalankan Rhoma Irama.

"Saya pelajari hidup Bang Haji, ditempa luar biasa. Banyak yang mau menjatuhkan. Zaman Pak Harto, Bang Haji dicekal, persulit, difitnah kiri-kanan. Tapi alhamdulillah tetap eksis," kata Ustaz Das'ad Latif soal amalan Rhoma Irama.

Rhoma Irama pun mengakui, pertanyaan itu sebenarnya banyak disampaikan orang kepadanya. Pelantun "Hari Berbangkit" ini pun mengaku amalannya yang paling baik adalah salat.

Rhoma Irama dan Ustaz Das'ad Latif. [YouTube Rhoma Irama]
Rhoma Irama dan Ustaz Das'ad Latif. [YouTube Rhoma Irama]

"Saya sering ditanya seperti itu. Kemudian saya balik bertanya, apakah ada amalan yang lebih hebat dari salat?" kata Rhoma Irama.

Kata Rhoma Irama, banyak orang bangga memiliki benda-benda keramat yang diambil dari tempat-tempat khusus. Tapi bagi suami Ricca Rachim ini, sesungguhnya salat sebuah amalan yang luar biasa dilihat dari prosesnya.

"Tapi saya katakan, salat itu ngambilnya aja di sidratul muntaha. Proses pengambilannya saja melalui langit ketujuh, masya Allah. Dari proses pengambilan itu saja luar biasa," tutur Rhoma Irama.

Rhoma Irama pun mempelajari dan memahami setiap bacaan dalam salat. Misalnya bacaan surah Al-Fatihah, atau bacaan doa ketika duduk di antara dua sujud.

"Dari dulu saya jalankan salat, saya harus mengerti artinya. Setelah mengertinya, saya pahami dari hakikat, dari bahasa-bahasa salat itu," imbuh Rhoma Irama.

"Dalam surah Al Fatihah, ada ayat ' maliki yaumid-din'. Artinya Raja Hari Kiamat. Kita kadang sama presiden, sama raja di dunia tunduk bukan main. Ini Raja Diraja," sambung Rhoma Irama.

Aktor dan Pedangdut Rhoma Irama meraih penghargaan khusus atas perannya di industri perfilman tanah air dalam gelaran Indonesia Movie Actors Awards 2020 IMAA di Jakarta, Sabtu (25/7). [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktor dan Pedangdut Rhoma Irama meraih penghargaan khusus atas perannya di industri perfilman tanah air dalam gelaran Indonesia Movie Actors Awards 2020 IMAA di Jakarta, Sabtu (25/7). [Suara.com/Alfian Winanto]

Rhoma Irama juga kemudian menyoroti doa saat duduk di antara dua sujud.

"Doa duduk di antara dua sujud itu luar biasa. 'Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, dan cukupkan segala kekuranganku, angkatlah derajatku, berilah rezeki kepadaku, berilah aku petunjuk, berikan juga kesehatan padaku, serta berilah ampunan kepadaku'. Ini masya Allah. Kalau kita resapi, kita renungkan, setelah salat subuh, kita beraktivitas, besar dada kita. Karena kita minta perlindungan sama Allah," kata Rhoma Irama.

Bagi Rhoma Irama, bila dijalankan dengan sungguh-sungguh, salat memiliki khasiat yang luar baisa.

"Kalau kita salat dengan sungguh-sungguh, dengan khusyuk, luar biasa efeknya untuk jiwa kita. Kalau kita bersandar pada Allah, saya rasa takut dan sedih itu nggak ada," ucap Rhoma Irama.

Seperti diketahui, Rhoma Irama selama ini tak hanya dikenal sebagai pedangdut namun juga pendakwah lewat lagu-lagunya. (Ferry Noviandi)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report